Senin, 16 Juli 2012

Makalah Merombak Total Sistem Hukum Indonesia

 
MEROMBAK TOTAL SISTEM HUKUM INDONESIA YANG BOBROK*

Oleh : M. Shiddiq al-Jawi**

Pengertian Sistem Hukum

Sistem hukum (legal system) adalah satu kesatuan hukum yang tersusun dari tiga unsur, yaitu: (1) Struktur; (2) Substansi; (3) Kultur Hukum (Lawrence M. Friedman, The Legal System: A Social Science Perspective, New York: Russell Sage Foundation, 1975).*1)

Dengan demikian, jika kita berbicara tentang sistem hukum, maka ketiga unsur tersebut secara bersama-sama atau secara sendiri-sendiri, tidak mungkin kita abaikan. Struktur adalah keseluruhan institusi penegakan hukum, beserta aparatnya. Jadi mencakupi: kepolisian dengan para polisinya; kejaksaan dengan para jaksanya; kantor-kantor pengacara dengan para pengacaranya, dan pengadilan dengan para hakimnya. Substansi adalah keseluruhan asas-hukum, norma hukum dan aturan hukum, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis, termasuk putusan pengadilan. Kultur hukum adalah kebiasaan-kebiasaan, opini-opini, cara berpikir dan cara bertindak, baik dari para penegak hukum maupun dari warga masyarakat.*2)
 

DOWNLOAD


Minggu, 15 Juli 2012

Van Gogh dan Rumah Sakit Jiwa


KEINDAHAN LADANG DAN TAMAN DARI RUMAH SAKIT JIWA

Van Gogh ternyata juga pelukis panorama yang mengagumkan. Rumah sakit jiwa baginya adalah studio yang menyalakan kreativitas artistiknya.

Dalam surat kepada adiknya, Theo, pada 18 Maret 1882, pelukis besar Vincent Van Gogh menulis: “Aku bukanlah seorang pelukis panorama. Tatkala aku melukis panorama, selalu ada figure manusia di dalamnya……” Tapi, tujuh tahun setelah surat itu ditulis, di tahun-tahun terakhir hidupnya , dengan tinggal di rumah sakit jiwa, pelukis kelahiran Groot-Zundert, Negeri Belanda, 30 Maret 1853, ini justru tekun dan disiplin melukis taman dan ladang- dengan atau tanpa figure manusia yang menyertainya. Bertahun-tahun kemudian, “taman dan ladang” Vincent tetap memukau dunia seni rupa dan di pasar lelang Internasional dihargai tinggi, mengalahkan Monet dan Renoir. Sketsa sederhananya yang bertajuk “Garden of Flower” laku US$ 8,4 juta; sedangkan lukisan yang dikerjakannya pada 1889, “Iries”, laku US$ 54 juta.

Van  Gogh boleh saja menjadi pelukis potret, atau menjadi illustrator, agar segera mendapatkan uang. Tapi, ternyata ia tak pernah bisa berpaling dari alam sekelilingnya. Dengar saja komentarnya ketika menapaki jalan-jalan kota Isleworth, tatkala ia bertugas menjadi asisten pendeta. “Ketika matahari turun perlahan di belakang pohon-pohon elm, yang daun-daunnya kini berubah keperakan, rumput tertutup halimun, sungai kecil berkelok di tengah taman, dan kita bisa memandangi angsa-angsa berenang disitu. Pohon-pohon akasia di taman tak lagi berdaun; semua itu jelas terlihat dari jendela di depan mejaku- kadang terlihat gelap berlatar langit, kadang matahari muncul kemerahan dalam kabut di belakangnya,” demikian tulis pelukis yang bersahabat dekat dengan sastrawan Emile Zola itu. Sementara itu, dimasa yang lain, Van Gogh menulis sebagai berikut: “Pemandangan kiri-kanan jalan begitu indah, tanah kecokelatan dengan pohon birch dan pinus di sana-sini serta sepetak pasir kuning, ssementara di kejauhan tegak gunung dibelai matahari. Sungguh, itu bukan lukisan, tapi sebuah inspirasi.”

Sayangnya, Van Gogh terlalu miskin untuk bisa memiliki tamannya sendiri. Tak seperti Claude Monet, misalnya, yang di tahun 1899 mengubah sungai Epte yang melintasi kediamannya di Giverny, dekat Paris, guna menciptakan sebuah taman air yang indah, dengan hiasan jembatan gaya Jepang. Disinilah Monet menghabiskan tiga puluh hari-hari terakhir hidupnya dengan melukis waterlilies dalam permainan cahaya di air, sehingga terciptalah serial lukisan monumental yang hingga kini tak habis dikagumi orang. Van Gogh juga tak seperti Auguste Renoir, yang bisa membanggakan taman mawarnya di Les Colletes, tak jauh dari Nice. Satu kali Van Gogh sengaja datang ke Nice, mengunjungi taman mawar Renoir, ketika cuaca Paris tidak memungkinkan bunga-bunga bermekaran.

Seperti juga pelukis impresionis yang hidup sezaman dengannya, Van Gogh mengagumi ukiyo-e Jepang, terutama karya Utagawa Hiroshige (1797-1858) dan Kesai Eisen (1790-1848). Ia terhenyak melihat ukiyo-e yang dibelinya di Antwerp, Belgia. Bunga, daun, dan pohon bisa dilukis begitu indah, dan berubah-ubah tergantung cahaya yang menyiraminya. “Aku cemburu pada kejernihan luar biasa yang ada pada karya artis Jepang itu,” tulisnya pada Theo. “Karyanya ringan, seprti menarik nafas,” tulisnya lebih lanjut. Maka, dengan semangat yang selalu menggebu, pelukis yang sebelumnya berkutat dengan warna-warna gelap ini berburu mengejar suasana Jepang, mengejar cahaya terang. Keinginannya menemukan “Jepang” itu membawanya ke Arles, kota di selatan Paris yang lebih sering dikunjungi matahari. Disitu Van Gogh seperti kuda liar yang dilepas di padang rumput. Tatkala Van Gogh datang, udara beku dan salju setebal 60cm, tapi itu tak membuat semangatnya surut. Ia terus mencorat-coret kanvas dalam guyuran salju, hingga akhirnya terserang flu dan terpaksa tinggal di rumah. Diluar boleh saja suram, tapi dalam diri Van Gogh tumbuh satu harapan: musim ssemi pasti datang sebentar lagi.

Musim semi tiba, Van Gogh bekerja seperti kesetanan. Di tengah-tengah angin yang menderu-deru, jagrak melukisnya ia ikatkan pada pasak-pasak yang tertancap kuat di tanah. Ia tak ingin kehilangan satu detik pun keindahan musim semi. Tiga hari bekerja di luar rumah, sehari beristirahat. Tak sampai sebulan (24 Maret- 21 April 1888), ia menghasilkan empat belas lukisan. Theo pun dipaksa mengikuti gairahnya. “Demi Tuhan. Kirim catnya sekaligus. Musim seperti ini hanya ada sesaat,” tulisnya dalam surat.

Benar saja. Waktu membuka mata, satu pagi di bulan Juni, pemandangan musim semi sudah tak ada lagi, namun berganti dengan kegairahan musim panas. Ditemani matahari, Van Gogh sering dijumpai asyik melukis di ladang-ladang gandum, terutama yang sudah siap panen. Batang gandum yang bergerak kiri-kanan seperti mengajaknya bermain-main dengan tehnik sapuan dan warna. Ia rela berdiri dengan matahari tepat di atas kepala demi mendapatkan lukisan tanpa bayangan. Sepuluh lukisan dan lima drawing diselesaikan pelukis trampil itu hanya dalam waktu seminggu, sampai badai hebat, pada 20 Juni 1888, memporak-porandakkan “pesta panen”-nya.

Ketika udara mulai kembali dingin, tak sengaja Van Gogh “menemukan” sebuah taman umumyang memikat tepat di depan tempat tinggalnya. Sebuah taman bagaikan tapestri yang terlihat hijau dari pohon, perdu, dan rumput. Bunga tak seberapa muncul disana-sini. Suasananya teduh dan tenang. Dan, katanya, pasti member inspirasi bagi para penyair. Karenanya, ia namai Garden of The Poets. Tempat ini dilukisnya berkali-kali. Dan menjadi satu dari tujuh “taman dan ladang” favoritnya. Enam yang lain adalah: satu taman gereja ayahnya di negeri Belanda; sesdangkan lima sisanya adalah “taman dan ladang” yang ada kaitannya dengan “sakit jiwa”-nya: kebun Provencal dekat Arles, kebun Asylum Saint-Paul, tamn bunga milik Dr.Paul Gachet (dokter jiwanya) di Auvers, dan taman mawar milik artis Charles Daubigny di Auvers.

Ketika tiba-tiba memotong daun telinga kanannya sendiri, lalu memberikannya pada seorang gadis bar, Van Gogh dirawat di rumah sakit jiwa dan sempat cemas tak bisa melukis lagi. Beberapa tahun sebelumnya, Van Gogh sempat membahas melukis pemandangan, Martinus Boks, yang karyanya semakin dihargai begitu masuk rumah sakit jiwa. Tapi, ternyata ia tak perlu cemas lagi ketika beberapa bulan kemudian harus kembali dirawat di Saint-Remy. Meski dibatasi tembok, Van Gogh, yang sangat dekat, bahkan menggantungkan hidupnya pada Theo ini, selalu bisa menemukan sudut-sudut taman dan ladang yang bisa ia pindahkan ke kanvas. Bisa kebun tak terurus di area Asylum ataupun kebun jagung yang terlihat dari jendela kamarnya. “Sementara aku di sini, kebun tak terurus yang ditumbuhi cemara, penuh rumput tak beraturan, bercampur dengan tumbuhan rambat menutup tanah, sudah cukup membuat aku sibuk,” katanya penuh semangat menjalani hari-hari di Saint-Remy. Dan justru di rumah sakit jiwa inilah lukisan panorama Van Gogh berkembang secara luar biasa. Untuk menghasilkan sebuah karya, Van Gogh tekun dan disiplin melakukan beberapa studi, baik berupa sketsa maupun berbentuk lukisan cat minyak di atas kanvas.
“The garden of Saint-Paul” (The falloff the leaves) dibuat dengan memendam perasaan rindu akan kampung halamnnya. Van Gogh memang pernah menulis, saat daun berguguran di selatan (Saint –Remy) selalu mengingatkannya pada suasana di utara (Negeri Belanda). “The Garden Of Saint Paul’s Hospital” yang melukiskan suasana sore di kebun Saint-Remy kelihatan lebih akrab dengan hadirnya bangku taman dan beberapa figure yang berjalan-jalan menikmati udara sore. Dari jendela kamarnya Van Gogh melukis ladang jagung yang tengah dipanen. Lengkap dengan petani yang terlihat sibuk mengangkat parang dibawah terik matahari. Jagung digambarkan dengan sapuan-sapuan yang memanjang atau spiral.

Di Auvers pemandangannya bagus dan secara kejiwaan Van Gogh bisa diawasi oleh Dr. Paul Gachet, dokter yang juga akrab dengan beberapa seniman, bahkan mengoleksi karya mereka. Di sini ia menemukan kedamaian yang ia butuhkan untuk teru menerus melukis “taman dan ladang”. Di kota kecil yang juga disenangi banyak artis lain ini Van Gogh sangat produktif dan kreativ (dua kebun favoritnya ada di sini). Banyak yang berkata, lukisan kebun dan tamannya sseperti hidup dan mampu membawa kita ikut berada disitu, turut merasakan panas atau dinginnya cuaca, juga aroma bunga serta daun dan tanah yang berputar- putar di udara. Tak usah kita, Van Gogh saja mengakui, lukisan pohon zaitunnya serasa menghadirkan suasana pedesaan dan aroma tanah yang melayang-layang.

Sayangnya, di kota yang pernah ditinggali Camille Pissarro, Paul Cezanne, dan Charles Francois Daubigny ini Van Gogh tak bisa lagi melukis setelah sebelumnya dihamtui kecemasan yang menekan dan mendorongnya mengakhiri hidup. “Wheatfield with Crows” dilukis pada minggu-minggu tak menyenangkan itu. Diatas kanvas hanya ada ladang gandum yang menderu, langit berombak, dan gagak terbang beriringan. Ada yang menganggap karya terakhir ini jadi penanda niatnya untuk bunuh diri. Namun, teori itu tidak terlalu kuat karena tema lukisan seperti ini dianggap tradisional dan banyak dipilih seniman bermazhab Barbizon. Pada 27 Juli 1890, Van Gogh menembak dadanya sendiri di kebun gandum, di belakang sebuah chateau di kota itu, padahal empat hari sebelumnya ia masih meminta Theo mengiriminya cat.

Dua hari kemudian Van Gogh menghembuskan nafas terakhir dengan Theo di sisinya. Saat pemakaman, Theo dan beberapa teman dekat berdiri mengelilingi peti yang penuh dihiasi bunga kuning, warna favoritnya, symbol cahaya yang selalu ia impikan. Van Gogh di makamkan di halaman gereja kecil, di lereng bukit berangin, ditengah-tengah ladang gandum, menghadap kota Auvers. Sulit membayangkan tempat lain yang pantas untuk peristirahatan terakhir artis yang begitu menyatu dengan alam ini.
Sekarang pun suasananya masih seperti itu. Bedanya, Van Gogh “berdampingan” dengan Theo yang menyusulnya enam bulan kemudian. Gagak dan burung-burung kecil beterbangan. Bunga popi dan bunga-bunga liar masih tumbuh dikiri-kanan jalan setapak dari arah desa menuju bukit. Peziarah dari seluruh dunia biasanya menyusuri jalan ini sambil membawa batang-batang gandum, seikat bunga liar, atau beberapa tangkai bunga matahari untuk diletakkan di atas nisan yang berselimut tanaman rambat. Ini seperti tanaman indah yang ia idam-idamkan tapi tidak pernah ia miliki selama hidupnya.
Sumber: Visual Arts #10

Picasso dan Wanita-wanitanya


 CERITA DIBALIK PICASSO DAN PARA WANITANYA


  Pablo Picasso, atau nama lengkapnya yang teramat sangat panjang: Pablo Diego Jose Francisco De Paula Juan Nepomuceno Maria De Los Remedios Cipriano De La Santisima Trinidad Ruiz Y Picasso, tak hanya seorang seniman besar, disamping ketenaran dan kekayaan, ia juga dikelilingi banyak wanita-wanita cantik.

PICASSO MUDA
Seniman pelopor kubisme ini lahir di Malaga Andalusia Spanyol, 25 Oktober 1881. Picasso menunjukkan kegirangan dan bakat menggambarnya sejak kecil. Menurut ibunya, Maria Picasso Y Lopez, kata yang pertama diucapkan oleh Picasso saat masih bayi adalah, “Piz…..piz……,” kependekan dari kata lapis, atau pensil dalam bahasa Spanyol.
Ayahnya yang juga seorang seniman lukis, dosen seni rupa, dan kurator di sebuah museum lokal tidak menyia-nyiakan bakat anaknya.ia meyakinkan pihak akademi untuk menerima anaknya di kelas unggulan Sekolah Seni di Barcelona (School Of Fine Art). Picasso pun mengikuti matrikulasi, proses yang biasanya memakan waktu berbulan-bulan ini mampu diselesaikannya dalam waktu satu minggu. Lalu, ia pindah ke sekolah seni  terkenal di Madrid, Royal Academy of San Fernando Madrid saat usianya 16 tahun. Picasso bukanlah seorang siswa yang disiplin, ia lebih mencari teman kenalan ketimbang menghadiri pelajaran di kelas.
Pada tahun 1900 Picasso pindah ke kota pusat seni dunia, Paris, Perancis. Disana ia berjumpa dengan Max Jacob, seorang jurnalis dan sastrawan yang mengajarinya bahasa Perancis. Mereka tinggal bersama di sebuah apartemen sempit, Max tidur dimalam hari ketika Picasso sedang melukis, siangnya mereka bergantian tempat tidur. Dalam keadaan yang pas-pasan ini, untuk melawan musim dingin, banyak karya Picasso yang sengaja dibakar demi untuk menghangatkan ruangan.
Di awal tahun 1901 Picasso bersama temannya, Fransisco de Asis Soler, menerbitkan majalah Arte Joven (Seni Anak Muda). Mereka berbagi tugas, Soler mengurus artikel, sedangkan Picasso membuat ilustrasi. Tahun 1905 Picasso telah diburu para kolektor-kolektor Amerika, terutama Leo dan Gertrude Stein.


WANITA DI AWAL KARIR PICASSO

 Sungguh teramat banyak wanita yang berkencan dengan Picasso. Ia sendiri menggambarkannya dengan, “ratusan atau bahkan ribuan…..” Seniman ini tidak bisa menyembunyikan perselingkuhannya karena begitu muncul wanita baru dalam hidupnya, maka wajahnya akan secara otomatis hadir di kanvas-kanvasnya. Kebanyakan wanita yang sekaligus menjadi mantan modelnya berakhir dengan kepiluan. Meskipun Picasso sering bergonta-ganti wanita dalam hidupnya, tetapi hanya dua orang saja yang dinikahinya, dan mendapatkan empat orang anak dari tiga wanita.
Wanita pertama yang memikatnya bernama Fernande Olivier, seorang seniwati bohemian. Picasso menemukan Olivier di tengah badai tahun 1904. Olivier yang berparas cantik banyak muncul dalam karya-karya Picasso pada rose period dan blue period.
Setelah Picasso mencapai ketenaran Olivier ditinggalkan. Don juan ini beralih wanita, Marcelle Humbert yang ia panggil dengan sapaan mesra Eva Gouel. Wajah dari wanita barunya inipun banyak muncul dalam karya-karya kubismenya. Setelah cukup lama berhubungan, pada tahun 1915, Picasso pun akhirnya ditinggalkan untuk selamanya oleh Eva yang baru berusia 30 tahun. Eva meninnggal lantaran sakit yang dideritanya.


OLGA KHOKHLOVA ISTRI PICASSO YANG KAYA RAYA

Ketika menghadiri sebuah pertunjukan balet asuhan Diaghilav tahun 1917, Picasso terpesona oleh kecantikan seorang wanita, Olga Khokhlova. Sebenarnya wanita dari Rusia itu bukanlah seorang penari balet yang berbakat, ia diterima dalam klub balet itu karena anak dari seorang jenderal yang berpengaruh.
Setahun kemudian di musim panas, Picasso pun menikahi Olga Khokhlova. Pernikahan itu lebih sebagai keterpaksaan daripada ketulusan hati Picasso. Ia pernah mengeluh, “Bermain dengan wanita Rusia berarti harus menikahinya.”
Pernikahannya dengan Olga Khokhlova dikaruniai seorang putra yang sangat nakal,Paulo. Ia suka kebut-kebutan, meski suatu saat hobinya itu mendapatkan prestasi dengan memenangkan gelar juara 2 relli Monte Carlo. Paulo pernah melemparkan seorang wanita dari atas jendela bertingkat. Picasso yang terkenal dengan pria super pelit sering marah-marah kepada Paulo karena harus menanggung hutang-hutangnya. Untuk mengendalikan tingkah bengal putranya itu, Picasso menjadikan putranya itu sebagai supir pribadinya.
Khokhlova membawa Picasso ke dalam pergaulan elit dan pesta-pesta mewah. Pada awalnya Picasso menikmati pergaulan kelas atas tersebut, namun tak sampai bertahan lama, sang seniman yang pernah dituduh mencuri lukisan Mona Lisa ini pun bosan dengan semua itu. Lama-kelamaan desakan Khokhlova pada etika sopan santun ala pergaulan papan atas tak sejalan dengan sikap bohemian Picasso yang seenaknya, keadaan inipun membawa konflik yang berkepanjangan bagi mereka berdua. Tahun 1930, lukisan-lukisan potret Khkhlova tidak lagi menunjukkan seorang penari yang anggun, melainkan seorang ibu pemberang yang dibencinya.
Picasso sengaja tidak memilih status cerai untuk mengakhiri pernikahan mereka, sebab hokum Perancis mengatur bahwa setelah perceraian seluruh kekayaan harus dibagi sama rata. Seniman yang semakin ketahuan pelitnya ini tidak mau Khokhlova mendapatkan sepeserpun dari kekayaannya, dan sampai pada akhir hayatnya,1955, wanita malang itu masih berstatus sebagai istri dari Picasso.


WALTER, KEKASIH GELAP PICASSO

 Keluarga Picasso semakin runyam ketika lelaki keras kepala ini menemukan kekasih gelap pada tanggal 8 Januari 1927. Marie Therese Walter, seorang gadis berusia 17 tahun yang telah berhasil mempesonanya. Walter tidak mencintai Picasso karena ketenarannya ataupu sebaginya, bahkan gadis sederhana ini tidak sadar siapa sebenarnya pujaan hatinya itu, sampai-sampai Picasso meski menunjukkan foto dirinya yang lagi mampang di majalah populer. Namun hubungan mereka tidak seindah yang Walter bayangkan, ia lebih sering merasakan kehampaan karena menanti kepastian pinangan dari sang kekasih, Picasso selalu menggantung harapan wanita yang tidak cerdas-cerdas amat ini. Hubungan gelap ini pun melahirkan seorang anak, Maria de la Concepcion, seorang gadis yang lebih sering dipanggil dengan nama Maya.
Walter bersama putrinya hidup dan tinggal di rumah sederhana dan mereka lebih sering menunggak tagihan listrik. Kendati demikian, Picasso menganggapnya sebagai wanita sejati dan hanya Walter lah yang mendapatkan kepercayaan memotong kuku dan rambutnya, ia takut jika kuku dan rambutnya jatuh ketangan orang lain dan digunakan untuk menyihir. Walter selalu dilukis Picasso dalam pose bercinta. Kebodohan Walter akhirnya membuat Picasso menjadi cepat bosan. Kelak Walter mati gantung diri, empat tahun setelah kematian Picasso.


DORA MAAR, PELUKIS DAN FOTOGRAFER CANTIK

Di bulan Januari 1936 giliran Dora Maar yang kepincut pada sang Don Juan. Kecantikan pelukis dan juga fotografer terkenal usia 29 tahun ini telah memikat hati Picasso. Kepandaiannya berbahasa Spanyol semakin membangkitkan gairah Picasso yang mulai merambah umur 54 tahun. Picasso menganggapnya sebagai “Dewi Inspirasi Pribadi” (“ private muse”). Maar dihadiahi rumah yang masih sangat natural di Menerbes. Bangunan milik jenderal kepercayaan Napoleon yang terletak di tebing tebing itu barter dengan lukisan Picasso. Konon sang Jenderal tidak mau menempati rumah itu karena dihuni oleh roh istrinya, dan juga rumah itu dipenuhi kalajengking.
Maar segera menjadi rival dari Walter. Ketika Picasso sedang melukis Guernica, tidak sengaja mereka berdua bertemu di studio. “Pilih diantara kami.” Teriak Walter pada Picasso. Namun sang pelopor kubisme ini justru menyuruh mereka untuk bergulat, bersayembara memperebutkan dirinya. Peristiwa ini dipandang Picasso sebagai “kenangan terbaik.”
Perasaan Maar tidak pernah tenteram, ia menjadi cengeng. Ia benar-benar patah hati ketika sang dambaan hatinya menemukan pujaan lain. Maar pun dikirim ke Jacques Lacan, seorang psikiatri terkenal.


GILOT, GADIS BELIA YANG TAKLUKKAN KAKEK

Kini sang kakek Picasso yang mulai menginjak usia 61 tahun tergoda oleh seorang gadis belia yang sangat cantik berusia 21 tahun, Francoise Gilot. Mahasiswi sastra Inggris di Cambridge University ini, telah memutuskan untuk berhenti kuliah dan ingin menjadi seorang pelukis. Ayahnya yang menginginkan Gilot meneruskan kuliah hokum marah besar, mereka pun berpisah. Gilot pun tinggal di studio sang kekasih, Pablo Picasso.
Dua sejoli ini berbagi kemesraan. Meski tanpa ikatan yang resmi, Gilot melahirkan dua anak dari Picasso, Claude dan adik perempuannya, Paloma, yang tumbuh menjadi desainer fashion terkenal. Wanita simpanan ini tak pernah diberi uang oleh sang jutawan. Beruntunglah lukisannya mulai dilirik oleh kolektor. Dan juga, neneknya yang sukses menjadi penjudi sering memberikan uang. Sesungguhnya masalah ekonomi tidak pernah merisaukan Gilot, tetapi masalah yang sesungguhnya adalah wanita lain.
Gilot beberapa kali mencemburui Picasso. Walter masih sering berkirim surat karena Picasso memintanya untuk selalu mengirim surat dua hari sekali. Ia juga rutin mengunjungi keluarga Walter setiap Kamis dan Minggu. Khokhlova sering merecokinya saat mereka berdua berpapasan di jalan. Namun yang lebih dicemburui adalah wanita-wanita yang datang setelah kehadirannya.
Tak seperti wanita Picasso yang lain, Gilot sama sekali tidak terserang tekanan mental. Ia dan anak-anaknya mampu meninggalkan Picasso. Dan kini giliran sang kakek- lah yang merasa kehilangan.


MAKIN TUA MAKIN MENJADI

Bukan Picasso kalau tak mampu mencari pengganti Gilot. Di usianya yang mulai menginjak angka 70 tahun, sang kakek masih mampu menggaet seorang wanita yang berusia 20 tahun. Genevieve Laporte, seorang gadis pembuat film documenter, memulai hubungan gelap dengan Picasso pada tahun 1951. Sang kakek mengajaknya untuk tinggal bersama setelah ia ditinggal pergi Gilot, namun Laporte menolaknya. Dan hubungan mereka pun berakhir.
Sang kakek tak perlu waktu lama untuk mencari pengganti Laporte. Di tempat pembuatan keramik Picasso menemukan Jacqueline Roque. Roque memperlakukan sang kakek denagn sangat sopan, bahkan ia memanggilnya dengan sapaan, ”Tuan…..”.
Tanggal 2 Maret 1961 mereka melangsungkan pernikahan, pernikahan kedua bagi Picasso. Pernikahan yang tidak dikaruniai anak ini, juga sebagai wujud balas dendam terhadap Gilot yang telah meninggalkannya.
Laporte denagan setia menemani Picasso sampai akhir hayatnya. Duka itu datang ketika mereka menjamu teman-temannya makn malam pada tanggal 8 April 1973. Seniman besar yang juga anggota Partai Komunis ini meninggalkan pesan terakhirnya, “Minumlah bersamaku, minumlah untuk kesehatanku, ketahuilah aku tidak bisa minum lebih banyak lagi……”
Sepeninggal Picasso, Roque bertengkar dengan Paulo tentang pembagian tanah warisan. Sampai akhirnya ia merasa tertekan dan sendirian, kemudian ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan menembakkan senjata api ke tubuhnya sendiri.

Sumber: Visual Arts.

Rabu, 11 Juli 2012

Fakta dan Keunikan Hujan

 


Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara tropis, ciri umum wilayah yang disebut tropis adalah memiliki curah hujan yang banyak. Kali ini akan kita bahas tentang fenomena keunikan hujan dan fakta yang mungkin terlewatkan dari kita.










1. Rata-rata kecepatan jatuhnya air hujan hanyalah 8-10 km/jam

 2. Air jatuh ke bumi dengan kecepatan yang rendah karena titik hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepat-an yang lebih rendah. Andaikan bentuk titik hujan berbeda, atau andaikan atmosfer tidak memiliki sifat gesekan (bayangkan jika hujan terjadi seperti gelembung air yang besar yang turun dari langit), bumi akan menghadapi kehancuran setiap turun hujan.

 3. Ketinggian minimum awan hujan adalah 1.200 meter

 4. Efek yang ditimbulkan oleh satu tetes air hujan yang jatuh dari ketinggian tersebut sama dengan benda seberat 1 kg yang jatuh dari ketinggian 15 cm

 5. Awan hujan pun dapat ditemui pada ketinggian 10.000 meter

 6. Dalam satu detik, kira-kira 16 juta ton air menguap dari bumi

 7. Jumlah ini sama dengan jumlah air yang turun ke bumi dalam satu detik. Dalam satu tahun, diperkirakan jumlah ini akan mencapai 505x1012 ton. Air terus berputar dalam daur yang seimbang berdasarkan “takaran”.

 8. Butiran air hujan berubah bentuk ratusan kali tiap detik

 9. Kalau butiran air hujan itu dibekukan akan membentuk keping kristal yg indah, tidak seperti air biasa yang di bekukan di freezer/kul_kas.
 10. Setelah hujan turun, tanah, ilalang, rerumputan akan mengeluarkan bau wangi yg khas, senyawa ini dinamakan "petrichor". ( berasal dari bahasa Yunani /latin petra berarti batu dan icor yang berarti  cairan yang mengalir di pembuluh darah para dewa) adalah nama aroma hujan ke bumi kering. Istilah ini diciptakan pada tahun 1964 oleh dua peneliti Australia, Bear dan Thomas. Bau berasal dari minyak atsiri tanaman tertentu selama musim kering yang kemudian diserap oleh tanah liat dan batu berongga. Saat terjadi hujan, minyak atsiri dilepaskan ke udara bersama dengan yang senyawa geosmin laiinya sehingga menghasilkan aroma khas. Bear dan Thomas (1965) menunjukkan bahwa minyak "petrichor" menghambat perkecambahan biji dan awal pertumbuhan tanaman.

 12. Jumlah orang yang sakit flu lebih banyak saat musim hujan karena virus flu atau influenza aktif saat intensitas sinar matahari sedikit dan udara menjadi dingin. Udara yang dingin dan lembab juga menurunka daya tahan tubuh.

 13. Cendawan dan Jamur (Fungi) tumbuh dan berkembang pesat saat musim hujan karena, fungi atau fungus hidup pada tempat yang lembab.

 14.Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan ringan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari dibekalang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.
 15. Kain atau pakaian yang dicuci dan dijemur saat musim hujan lebih  sulit untuk kering karena sedikit sinar matahari yang memanaskan baju basah. Selain itu udara yang tidak lembab atau kering memiliki sedikit partikel air. Udara yang kering akan lebih cepat menghisap kain basah.
    
 16. Pada beberapa kebudayaan hujan sering diasumsikan sebagai susana yan negatif, duka, kelam dan dingin. Namun ada fakta yang misterius dan mengejutkan adalah Hujan sering membawa memori manusia kepada ingatan masa lalu. Bukti ilmiah, para ilmuan hanya bisa menyimpulkan “Di dalam hujan, ada gelombang tertentu yang beresonansi yang hanya bisa didengar oleh mereka yang rindu”. Dan pada titik ini, para ilmuan meyakini bahwa manusia biasanya mendapatkan inspirasi.
Uhm...., makanya sering berkarya saat hujan ya?




SUMBER: http://www.smartnewz.info/2011/10/11...ang-hujan.html

Selasa, 10 Juli 2012

10 Lukisan Termahal Di Dunia

Berikut adalah daftar 10 lukisan termahal di dunia, dari hasil karya para pelukis ternama. Sungguh penghargaan yang pantas bagi para pelukisnya setelah jerih payahnya dalam menciptakan karya-karya yang spektakuler, dan jasa-jasanya terhadap perkembangan seni lukis di dunia. Daftar ini saya kutip langsung dari tulisan G. Fermenándes yaitu "The Most Expensive Paintings Ever Sold". Menurut dia, harga yang ada ini bukan sekedar rumor namun sudah terkonfirmasi. Dan harganya benar-benar selangit, Anda berminat? mari kita simak seberapa mahal harga lukisan-lukisan tersebut.


Berikut Daftar 10 Lukisan Termahal itu:


1. Judul lukisan  "Number 5, 1948
Tahun pembuatan: 1948
Pelukis: JACKSON POLLOCK
Harga: $ 140,000,000
Tempat penjualan: rumah pribadi, tahun 2006.
Penjual: David Geffen
Pembeli: Unknown (dikabarkan David Martinez, pengusaha Meksiko)














2. Judul lukisan:  "Woman III"
Tahun pembuatan: 1952-1953
Pelukis: Willem de Kooning
Harga: $ 137.500.000
Tempat penjualan: rumah pribadi, tahun 2006
Penjual: David Geffen
Pembeli: Steven Cohen














3. Judul lukisan: "Adele Bloch-Bauer I"
Tahun pembuatan: 1907
Pelukis: Gustav Klimt
Harga: $ 135,000,000
Tempat penjualan: rumah pribadi, tahun 2006
Pembeli: Ronald Lauder














4. Judul lukisan: "Nude, Green Leaves and Bust"
Tahun pembuatan: 1932
Pelukis: PABLO PICASSO
Harga: $ 106.500.000
Penjualan di rumah lelang Christie's New York, bulan Mei 2010
Pembeli: anonim
Karya lukis sensual penuh warna ini adalah lukisan yang paling mahal yang pernah terjual di rumah lelang.













5. Judul lukisan: "Gar├žon ala pipe"
Tahun pembuatan: 1904
Pelukis: PABLO PICASSO
Harga: $ 104.100.000
Penjualan di rumah lelang Sotheby's New York, bulan Mei 2004
Pembeli: anonim
Meskipun nama pembeli tidak diungkapkan, beberapa sumber mengatakan bahwa pembelinya adalah Guido Barilla, Jutawan pasta Italia.











6. Judul lukisan: "Eight Elvises"
Tahun pembuatan: 1963
Pelukis: ANDY WARHOL
Harga: $ 100,000,000
Tempat penjualan: rumah pribadi, tahun 2008
Pembeli: anonim








7. Judul lukisan: "Dora Maar au chat"
Tahun pembuatan: 1941
Pelukis: PABLO PICASSO
Harga: $ 95.200.000
Penjualan di rumah lelang Sotheby's New York, bulan Mei 2006
Pembeli: anonim








8. Judul lukisan: "Diana and Actaeon"
Tahun pembuatan: 1556-1559
Pelukis: TITIAN
Harga: $ 91.000.000
Tempat penjualan: rumah pribadi, bulan Februari 2009
Pembeli: Istana Inggris













9. Judul lukisan: "Adele Bloch-Bauer II"
Tahun pembuatan: 1912
Pelukis: Gustav Klimt
Harga: $ 87.900.000
Penjualan di rumah lelang Christie's New York, bulan November 2006
Pembeli: anonim














10. Judul Lukisan: "Tryptich 1976″
Tahun pembuatan: 1976
Pelukis: Francis Bacon
Harga: $ 86.300.000
Penjualan di rumah lelang Sotheby's New York, bulan Mei 2008
Pembeli: seseorang dari Eropa

Sabtu, 07 Juli 2012

KATA-KATA BIJAK KEHIDUPAN | KATA-KATA BIJAK ISLAMI

Berikut ini adalah beberapa sabda Nabi Muhammad SAW dan beberapa kata bijak dari para sahabat beliau.

Tiga sifat manusia yang merusak adalah : kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, serta sifat mengagumi diri sendiri yang berlebihan. ~ Nabi Muhammad Saw.

Pahlawan bukanlah orang yang berani menetakkan pedangnya ke pundak lawan, tetapi pahlawan sebenarnya ialah orang yang sanggup menguasai dirinya dikala ia marah. ~ Nabi Muhammad Saw

Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, seseorang tidak beriman hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. ~ Nabi Muhammad SAW

Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar. ~ Nabi Muhammad SAW

Yang terbaik di antara kalian adalah mereka yang berakhlak paling mulia. ~ Nabi Muhammad SAW

Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian. ~ Nabi Muhammad SAW

Kecintaan kepada Allah melingkupi hati, kecintaan ini membimbing hati dan bahkan merambah ke segala hal. ~ Imam Al Ghazali

Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar. ~ Khalifah ‘Umar

Setiap orang di dunia ini adalah seorang tamu, dan uangnya adalah pinjaman. Tamu itu pastilah akan pergi, cepat atau lambat, dan pinjaman itu haruslah dikembalikan. ~ Ibnu Mas’ud

Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak. ~ Khalifah ‘Ali

Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah. ~ Ibnu Mas’ud

Takutlah kamu akan perbuatan dosa di saat sendirian, di saat inilah saksimu adalah juga hakimmu. ~ Khalifah ‘Ali

Orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku. ~ Khalifah ‘Umar

Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk. ~ Imam An Nawawi

Sesungguhnya seorang hamba itu bila merasa ujub kerana suatu perhiasan dunia, niscaya Allah akan murka kepadanya hingga dia melepaskan perhiasan itu. ~ Sayidina Abu Bakar

Aku mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah.Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar. ~ Sayidina Umar bin Khattab

Barangsiapa takut kepada Allah SWT nescaya tidak akan dapat dilihat kemarahannya. Dan barangsiapa takut pada Allah, tidak sia-sia apa yang dia kehendaki. ~ Sayidina Umar bin Khattab

Orang yang bakhil itu tidak akan terlepas daripada salah satu daripada 4 sifat yang membinasakan yaitu : Ia akan mati dan hartanya akan diambil oleh warisnya, lalu dibelanjakan bukan pada tempatnya atau; hartanya akan diambil secara paksa oleh penguasa yang zalim atau; hartanya menjadi rebutan orang-orang jahat dan akan dipergunakan untuk kejahatan pula atau; adakalanya harta itu akan dicuri dan dipergunakan secara berfoya-foya pada jalan yang tidak berguna. ~ Sayidina Abu Bakar

Orang yang banyak ketawa itu kurang wibawanya. Orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina. Orang yang mencintai akhirat, dunia pasti menyertainya.
Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga. ~ Sayidina Umar bin Khattab

Hendaklah kamu lebih memperhatikan tentang bagaimana amalan itu diterima daripada banyak beramal, kerana sesungguhnya terlalu sedikit amalan yang disertai takwa. ~ Sayidina Ali Karamallahu Wajhah

Janganlah seseorang hamba itu mengharap selain kepada Tuhannya dan janganlah dia takut selain kepada dosanya. ~ Sayidina Ali Karamallahu Wajhah

Tiada sholat yang sempurna tanpa jiwa yang khusyu’.
Tiada puasa yang sempurna tanpa mencegah diri daripada perbuatan yang sia-sia.
Tiada kebaikan bagi pembaca al-Qur’an tanpa mengambil pangajaran daripadanya.
Tiada kebaikan bagi orang yang berilmu tanpa memiliki sifat wara’.
Tiada kebaikan mengambil teman tanpa saling sayang-menyayangi.
~ Sayidina Ali Karamallahu Wajhah

Tidak ada kebaikan ibadah yang tidak ada ilmunya dan tidak ada kebaikan ilmu yang tidak difahami dan tidak ada kebaikan bacaan kalau tidak ada perhatian untuknya. ~ Sayidina Ali Karamallahu Wajhah

Nikmat yang paling baik ialah nikmat yang kekal dimiliki.
Doa yang paling sempurna ialah doa yang dilandasi keikhlasan. Barangsiapa yang banyak bicara, maka banyak pula salahnya. Siapa yang banyak salahnya, maka hilanglah harga dirinya. Siapa yang hilang harga dirinya, bererti dia tidak wara’. Sedang orang yang tidak wara’ itu berarti hatinya telah mati. ~ Sayidina Ali Karamallahu Wajhah

Antara tanda-tanda orang yang bijaksana itu ialah :
1. Hatinya selalu berniat suci. Lidahnya selalu basah dengan zikrullah.
2. Kedua matanya menangis kerana penyesalan (terhadap dosa).
3. Segala perkara dihadapinya dengan sabar dan tabah.
4. Mengutamakan kehidupan akhirat daripada kehidupan dunia.
~ Sayidina Utshman bin Affan

Tiada yang lebih baik dari dua kebaikan : Beriman pada Allah dan bermanfaat bagi manusia. Tiada yang lebih buruk dari dua kejahatan : Syirik pada Allah dan merugikan manusia.

Tiga tanda kesempurnaan iman : Kalau marah, marahnya tidak keluar dari kebenaran. Kalau senang, senangnya tidak membawanya pada kebatilan. Ketika mampu membalas, ia memaafkan.

Dengannya Allah kuburkan kedengkian, Dengannya Allah padamkan permusuhan; Melaluinya diikat persaudaraan; Yang hina dimulyakan. Yang tinggi direndahkan.

Jika orang dapat empat hal, ia dapat kebaikan dunia akhirat: Hati yang bersyukur, lidah yang berzikir, badan yang tabah pada cobaan, dan pasangan yang setia menjaga dirinya dan hartanya.

Nabi ditanya bermanfaatkah kebajikan setelah dosa? Ia menjawab: Taubat membersihkan dosa, kebaikan menghapuskan keburukan.

Manusia Paling baik adalah orang yang dermawan dan bersyukur dalam kelapangan, yang mendahulukan orang lain, bersabar dalam kesulitan.

Tiga manusia tidak akan dilawan kecuali oleh orang yang hina : orang yang berilmu yang mengamalkan ilmunya, orang cerdas cendikia dan imam yang adil.

Tiada musibah yang lebih besar daripada meremehkan dosa-odsamu dan merasa ridho dengan keadaan rohaniahmu sekarang ini.

Hati Adalah Ladang. Sesungguhnya setengah perkataan itu ada yang lebih keras dari batu, lebih tajam dari tusukan jarum, lebih pahit daripada jadam, dan lebih panas daripada bara. Sesungguhnya hati adalah ladang, maka tanamlah ia dengan perkataan yang baik, karna jika tidak tumbuh semuanya (perkataan yang tidak baik), niscaya tumbuh sebahagiannya.

Kata- kata Bijak Al Ghazali

Imam Al Ghazali adalah salah satu filsuf dan teolog muslim persia,yang dikenal sebagai al gazel di dunia barat abad pertengahan.Beliau terkenal sebagai ahli filsafat Islam yang telah mengharumkan nama ulama di Eropa melalui hasil karyanya yang sangat bermutu tinggi. Sejak kecil beliau telah dididik dengan akhlak yang mulia.Berikut ini adalah beberapa diantara kata-kata bijak dari beliau.





Kata-kata Imam Al Ghazali
Ibadah dan pengetahuan sambil makan haram adalah seperti konstruksi pada kotoran. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Belum pernah saya berurusan dengan sesuatu yang lebih sulit daripada jiwa saya sendiri, yang kadang-kadang membantu saya dan kadang-kadang menentang saya.
(Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Barangsiapa yang memilih harta dan anak – anaknya daripada apa yang ada di sisi Allah, niscaya ia rugi dan tertipu dengan kerugian yang amat besar. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Barangsiapa yang menghabiskan waktu berjam – jam lamanya untuk mengumpulkan harta kerana ditakutkan miskin, maka dialah sebenarnya orang yang miskin. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Barangsiapa yang meyombongkan diri kepada salah seorang daripada hamba – hamba Allah, sesungguhnya ia telah bertengkar dengan Allah pada haknya. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Berani adalah sifat mulia kerana berada di antara pengecut dan membuta tuli. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Pemurah itu juga suatu kemuliaan kerana berada di antara bakhil dan boros. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Bersungguh – sungguhlah engkau dalam menuntut ilmu, jauhilah kemalasan dan kebosanan kerana jika tidak demikian engkau akan berada dalam bahaya kesesatan. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Cinta merupakan sumber kebahagiaan dan cinta terhadap Allah harus dipelihara dan dipupuk, suburkan dengan shalat serta ibadah yang lainnya. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Ciri yang membedakan manusia dan hewan adalah ilmu. Manusia adalah manusia mulia yang mana ia menjadi mulia kerana ilmu, tanpa ilmu mustahil ada kekuatan. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Hadapi kawan atau musuhmu itu dengan wajah yang menunjukkan kegembiraan, kerelaan penuh kesopanan dan ketenangan. Jangan menampakkan sikap angkuh dan sombong. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Ilmu itu kehidupan hati daripada kebutaan, sinar penglihatan daripada kezaliman dan tenaga badan daripada kelemahan. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Yang paling besar di bumi ini bukan gunung dan lautan, melainkan hawa nafsu yang jika gagal dikendalikan maka kita akan menjadi penghuni neraka. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Kita tidak akan sanggup mengekang amarah dan hawa nafsu secara keseluruhan hingga tidak meninggalkan bekas apapun dalam diri kita. Namun jika mencoba untuk mengendalikan keduanya dengan cara latihan dan kesungguhan yang kuat, tentu kita akan bisa. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Sifat utama pemimpin ialah beradab dan mulia hati. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Kebahagiaan terletak pada kemenangan memerangi hawa nafsu dan menahan kehendak yang berlebih-lebihan. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Kalau besar yang dituntut dan mulia yang dicari,maka payah melaluinya, panjang jalannya dan banyak rintangannya. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Jadikan kematian itu hanya pada badan kerana tempat tinggalmu ialah liang kubur dan penghuni kubur sentiasa menanti kedatanganmu setiap masa.  (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Pelajari ilmu syariat untuk menunaikan segala perintah Allah SWT dan juga ilmu akhirat yang dapat menjamin keselamatanmu di akhirat nanti.  (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Menuntut ilmu adalah taqwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu adalah zikir. Mencari ilmu adalah jihad. (Imam Al Ghazali)

Kata-kata Imam Al Ghazali
Kecintaan kepada Allah melingkupi hati, kecintaan ini membimbing hati dan bahkan merambah ke segala hal. (Imam Al Ghazali)

Puisi Chairil Anwar


Puisi Chairil Anwar

Chairil Anwar, seorang penyair legendaris Asal Indonesia yang amat terkenal dengan karya puisinya. Tak sedikit karyanya yang bertema ‘Cinta’, berikut ini adalah kumpulan puisi cinta karya Chairil Anwar yang bisa membuat kita merinding ketika membacanya.











PRAJURIT JAGA MALAM

Waktu jalan. Aku tidak tahu apa nasib waktu ?
Pemuda-pemuda yang lincah yang tua-tua keras,
bermata tajam
Mimpinya kemerdekaan bintang-bintangnya
kepastian
ada di sisiku selama menjaga daerah mati ini
Aku suka pada mereka yang berani hidup
Aku suka pada mereka yang masuk menemu malam
Malam yang berwangi mimpi, terlucut debu......
Waktu jalan. Aku tidak tahu apa nasib waktu !

(1948)
Siasat,
Th III, No. 96
1949


MALAM

Mulai kelam
belum buntu malam
kami masih berjaga
--Thermopylae?-
- jagal tidak dikenal ? -
tapi nanti
sebelum siang membentang
kami sudah tenggelam hilang

Zaman Baru,
No. 11-12
20-30 Agustus 1957



KRAWANG-BEKASI

Kami yang kini terbaring antara Krawang-Bekasi
tidak bisa teriak "Merdeka" dan angkat senjata lagi.
Tapi siapakah yang tidak lagi mendengar deru kami,
terbayang kami maju dan mendegap hati ?

Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi
Jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak
Kami mati muda. Yang tinggal tulang diliputi debu.
Kenang, kenanglah kami.

Kami sudah coba apa yang kami bisa
Tapi kerja belum selesai, belum bisa memperhitungkan arti 4-5 ribu nyawa

Kami cuma tulang-tulang berserakan
Tapi adalah kepunyaanmu
Kaulah lagi yang tentukan nilai tulang-tulang berserakan

Atau jiwa kami melayang untuk kemerdekaan kemenangan dan harapan
atau tidak untuk apa-apa,
Kami tidak tahu, kami tidak lagi bisa berkata
Kaulah sekarang yang berkata

Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi
Jika ada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak

Kenang, kenanglah kami
Teruskan, teruskan jiwa kami
Menjaga Bung Karno
menjaga Bung Hatta
menjaga Bung Sjahrir

Kami sekarang mayat
Berikan kami arti
Berjagalah terus di garis batas pernyataan dan impian

Kenang, kenanglah kami
yang tinggal tulang-tulang diliputi debu
Beribu kami terbaring antara Krawang-Bekasi

(1948)
Brawidjaja,
Jilid 7, No 16,
1957


DIPONEGORO

Di masa pembangunan ini
tuan hidup kembali
Dan bara kagum menjadi api

Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar. Lawan banyaknya seratus kali.
Pedang di kanan, keris di kiri
Berselempang semangat yang tak bisa mati.

MAJU

Ini barisan tak bergenderang-berpalu
Kepercayaan tanda menyerbu.

Sekali berarti
Sudah itu mati.

MAJU

Bagimu Negeri
Menyediakan api.

Punah di atas menghamba
Binasa di atas ditindas
Sesungguhnya jalan ajal baru tercapai
Jika hidup harus merasai



Maju
Serbu
Serang
Terjang

(Februari 1943)
Budaya,
Th III, No. 8
Agustus 1954



PERSETUJUAN DENGAN BUNG KARNO

Ayo ! Bung Karno kasi tangan mari kita bikin janji
Aku sudah cukup lama dengan bicaramu
dipanggang diatas apimu, digarami lautmu
Dari mulai tgl. 17 Agustus 1945
Aku melangkah ke depan berada rapat di sisimu
Aku sekarang api aku sekarang laut

Bung Karno ! Kau dan aku satu zat satu urat
Di zatmu di zatku kapal-kapal kita berlayar
Di uratmu di uratku kapal-kapal kita bertolak & berlabuh

(1948)

Liberty,
Jilid 7, No 297,
1954



AKU

Kalau sampai waktuku
'Ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak perduli

Aku mau hidup seribu tahun lagi

Maret 1943




PENERIMAAN

Kalau kau mau kuterima kau kembali
Dengan sepenuh hati

Aku masih tetap sendiri

Kutahu kau bukan yang dulu lagi
Bak kembang sari sudah terbagi

Jangan tunduk! Tentang aku dengan berani

Kalau kau mau kuterima kembali
Untukku sendiri tapi

Sedang dengan cermin aku enggan berbagi.

Maret 1943



HAMPA

kepada sri

Sepi di luar. Sepi menekan mendesak.
Lurus kaku pohonan. Tak bergerak
Sampai ke puncak. Sepi memagut,
Tak satu kuasa melepas-renggut
Segala menanti. Menanti. Menanti.
Sepi.
Tambah ini menanti jadi mencekik
Memberat-mencekung punda
Sampai binasa segala. Belum apa-apa
Udara bertuba. Setan bertempik
Ini sepi terus ada. Dan menanti.


DOA

kepada pemeluk teguh

Tuhanku
Dalam termangu
Aku masih menyebut namamu

Biar susah sungguh
mengingat Kau penuh seluruh

cayaMu panas suci
tinggal kerdip lilin di kelam sunyi

Tuhanku

aku hilang bentuk
remuk

Tuhanku

aku mengembara di negeri asing

Tuhanku
di pintuMu aku mengetuk
aku tidak bisa berpaling

13 November 1943


SAJAK PUTIH

Bersandar pada tari warna pelangi
Kau depanku bertudung sutra senja
Di hitam matamu kembang mawar dan melati
Harum rambutmu mengalun bergelut senda

Sepi menyanyi, malam dalam mendoa tiba
Meriak muka air kolam jiwa
Dan dalam dadaku memerdu lagu
Menarik menari seluruh aku

Hidup dari hidupku, pintu terbuka
Selama matamu bagiku menengadah
Selama kau darah mengalir dari luka
Antara kita Mati datang tidak membelah...


SENJA DI PELABUHAN KECIL
buat: Sri Ajati

Ini kali tidak ada yang mencari cinta
di antara gudang, rumah tua, pada cerita
tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut
menghembus diri dalam mempercaya mau berpaut

Gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang
menyinggung muram, desir hari lari berenang
menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak
dan kini tanah dan air tidur hilang ombak.

Tiada lagi. Aku sendiri. Berjalan
menyisir semenanjung, masih pengap harap
sekali tiba di ujung dan sekalian selamat jalan
dari pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap

1946


CINTAKU JAUH DI PULAU

Cintaku jauh di pulau,
gadis manis, sekarang iseng sendiri

Perahu melancar, bulan memancar,
di leher kukalungkan ole-ole buat si pacar.
angin membantu, laut terang, tapi terasa
aku tidak 'kan sampai padanya.

Di air yang tenang, di angin mendayu,
di perasaan penghabisan segala melaju
Ajal bertakhta, sambil berkata:
"Tujukan perahu ke pangkuanku saja,"

Amboi! Jalan sudah bertahun ku tempuh!
Perahu yang bersama 'kan merapuh!
Mengapa Ajal memanggil dulu
Sebelum sempat berpeluk dengan cintaku?!

Manisku jauh di pulau,
kalau 'ku mati, dia mati iseng sendiri.

1946


MALAM DI PEGUNUNGAN

Aku berpikir: Bulan inikah yang membikin dingin,
Jadi pucat rumah dan kaku pohonan?
Sekali ini aku terlalu sangat dapat jawab kepingin:
Eh, ada bocah cilik main kejaran dengan bayangan!

1947


YANG TERAMPAS DAN YANG PUTUS

kelam dan angin lalu mempesiang diriku,
menggigir juga ruang di mana dia yang kuingin,
malam tambah merasuk, rimba jadi semati tugu

di Karet, di Karet (daerahku y.a.d) sampai juga deru dingin

aku berbenah dalam kamar, dalam diriku jika kau datang
dan aku bisa lagi lepaskan kisah baru padamu;
tapi kini hanya tangan yang bergerak lantang

tubuhku diam dan sendiri, cerita dan peristiwa berlalu beku

1949


DERAI DERAI CEMARA

cemara menderai sampai jauh
terasa hari akan jadi malam
ada beberapa dahan di tingkap merapuh
dipukul angin yang terpendam

aku sekarang orangnya bisa tahan
sudah berapa waktu bukan kanak lagi
tapi dulu memang ada suatu bahan
yang bukan dasar perhitungan kini

hidup hanya menunda kekalahan
tambah terasing dari cinta sekolah rendah
dan tahu, ada yang tetap tidak terucapkan
sebelum pada akhirnya kita menyerah

1949

Kumpulan Kata- kata Bijak Kahlil Gibran

Bicara kata-kata mutiara rasanya belum lengkap jika tidak menyinggung Kahlil Gibran, yang merupakan tokoh inspirator yang memberikan pengaruh sangat besar (mungkin paling besar) dalam dunia kata2 mutiara.


"Antara Inspirasi dan Motivasi"

Kalimat-kalimat mutiara dari Penyair Kahlil Gibran adalah bentuk syair /puisi yang merupakan sumber inspirasi . Inspirasi-inspirasi yang bagus penting dan diperlukan sebagai penyegar pikiran dan penemuan ide-ide, yang bisa menciptakan motivasi yang kuat dalam mengambil sikap dan tindakan.

"Makna inspirasi yang baik dalam merealisasikan gagasan"

Gagasan atau ide-ide adalah ibarat makanan dan minuman di dalam rumah anda , dan suasana hati atau suasana kejiwaan atau pola EQ anda, adalah ibarat rumah-nya .

Jika rumah anda bersih,nyaman dan indah, maka makanan dan minuman yang ada di rumah anda akan lebih nyaman dinikmati oleh anda atau tamu-tamu anda . Sebaliknya meski makanan dan minuman dirumah anda sangat lezat dan mewah, tapi jika rumah anda kotor, berantakan, penuh kerusuhan, maka selezat apapun makanan-minuman bisa tak ada rasanya, bahkan bisa tak ada gunanya.

Itulah kenapa banyak orang sering gagal mewujudkan gagasan-gagasan (ide) cemerlang , karena mereka kurang memperdulikan suasana hati dan kejiwaan mereka.


Oke, Berikut saya kumpulkan sekian banyak kalimat mutiara dari Khalil Gibran tersebut:

KEHIDUPAN
Sebab kehidupan tidak berjalan mundur, pun tidak tenggelam dimasa lampau.

KERJA
Kerja adalah wujud nyata cinta. Bila kita tidak dapat bekerja dengan
kecintaan, tapi hanya dengan kebencian, lebih baik tinggalkan pekerjaan
itu. Lalu, duduklah di gerbang rumah ibadat dan terimalah derma dari
mereka yang bekerja dengan penuh suka cita.

PENYAIR
Penyair adalah orang yang tidak bahagia, kerana betapa pun tinggi jiwa mereka, mereka tetap diselubungi airmata.
Penyair adalah adunan kegembiraan dan kepedihan dan ketakjuban, dengan sedikit kamus.
Penyair adalah raja yang tak bertakhta, yang duduk di dalam abu istananya dan cuba membangun khayalan daripada abu itu.
Penyair adalah burung yang membawa keajaiban. Dia lari dari kerajaan
syurga lalu tiba di dunia ini untuk berkicau semerdu-merdunya dengan
suara bergetar. Bila kita tidak memahaminya dengan cinta di hati, dia
akan kembali mengepakkan sayapnya lalu terbang kembali ke negeri
asalnya.

SUARA KEHIDUPANKU
Suara kehidupanku memang tak akan mampu menjangkau telinga kehidupanmu;
tapi marilah kita cuba saling bicara barangkali kita dapat mengusir
kesepian dan tidak merasa jemu.

KEINDAHAN KEHIDUPAN
Keindahan adalah kehidupan itu sendiri saat ia membuka tabir
penutup wajahnya. Dan kalian adalah kehidupannya itu, kalianlah
cadar itu. Keindahan adalah keabadian yag termangu di depan cermin. Dan
kalian; adalah keabadian itu, kalianlah cermin itu.

RUMAH
Rumahmu tak akan menjadi sebuah sangkar, melainkan tiang utama sebuah kapal layar.

PUISI
Puisi bukanlah pendapat yang dinyatakan. Ia adalah lagu yang muncul daripada luka yang berdarah atau mulut yang tersenyum.

NILAI
Nilai dari seseorang itu di tentukan dari keberaniannya memikul tanggungjawab, mencintai hidup dan pekerjaannya.

PENDERITAAN
Penderitaan yang menyakitkan adalah koyaknya kulit pembungkus
kesadaran- seperti pecahnya kulit buah supaya intinya terbuka merekah
bagi sinar matahari yang tercurah.
Kalian memiliki takdir kepastian untuk merasakan penderitaan dan
kepedihan. Jika hati kalian masih tergetar oleh rasa takjub menyaksikan
keajaiban yang terjadi dalam kehidupan, maka pedihnya penderitaan tidak
kalah menakjubkan daripada kesenangan.
Banyak di antara yang kalian menderita adalah pilihan kalian sendiri
- ubat pahit kehidupan agar manusia sembuh dari luka hati dan penyakit
jiwa. Percayalah tabib kehidupan dan teguk habis ramuan pahit itu
dengan cekal dan tanpa bicara.

SAHABAT
Sahabat adalah keperluan jiwa yang mesti dipenuhi.
Dialah ladang hati, yang kau taburi dengan kasih dan kau subur dengan penuh rasa terima kasih.
Dan dia pulalah naungan dan pendianganmu. Kerana kau menghampirinya
saat hati lupa dan mencarinya saat jiwa memerlukan kedamaian.

SIKAP MANUSIA
Jauhkan aku dari manusia yang tidak mahu menyatakan kebenaran
kecuali jika ia berniat menyakiti hati, dan dari manusia yang bersikap
baik tapi berniat buruk, dan dari manusia yang mendapatkan penghargaan
dengan jalan memperlihatkan kesalahan orang lain.

DUA HATI
Orang yang berjiwa besar memiliki dua hati; satu hati menangis dan yang satu lagi bersabar.

HUTANG KEHIDUPAN
Periksalah buku kenanganmu semalam, dan engkau akan tahu bahwa engkau masih berhutang kepada manusia dan kehidupan.

INSPIRASI
Inspirasi akan selalu bernyanyi; kerana inspirasi tidak pernah menjelaskan.

POHON
Pohon adalah syair yang ditulis bumi pada langit. Kita tebang
pohon itu dan menjadikannya kertas, dan di atasnya kita tulis kehampaan
kita.

FALSAFAH HIDUP
Hidup adalah kegelapan jika tanpa hasrat dan keinginan. Dan
semua hasrat -keinginan adalah buta, jika tidak disertai pengetahuan .
Dan pengetahuan adalah hampa jika tidak diikuti pelajaran. Dan setiap
pelajaran akan sia-sia jika tidak disertai cinta

KERJA
Bekerja dengan rasa cinta, bererti menyatukan diri dengan diri kalian sendiri,dengan diri orang lain dan kepada Tuhan.
Tapi bagaimanakah bekerja dengan rasa cinta itu ? Bagaikan menenun
kain dengan benang yang ditarik dari jantungmu, seolah-olah kekasihmu
yang akan memakainya kelak.

LAGU GEMBIRA
Alangkah mulianya hati yang sedih tetapi dapat menyanyikan lagu kegembiraan bersama hati-hati yang gembira.

KEBEBASAN
Ada orang mengatakan padaku, “Jika engkau melihat ada hamba
tertidur, jangan dibangunkan, barangkali ia sedang bermimpi akan
kebebasan.”
Kujawab,”Jika engkau melihat ada hamba tertidur, bangunkan dia dan ajaklah berbicara tentang kebebasan.”

ORANG TERPUJI
Sungguh terpuji orang yang malu bila menerima pujian, dan tetap diam bila tertimpa fitnah.

BERJALAN SEIRINGAN
Aku akan berjalan bersama mereka yang berjalan. Kerana aku tidak akan
berdiri diam sebagai penonton yang menyaksikan perarakan berlalu.

DOA
Doa adalah lagu hati yang membimbing ke arah singgahsana Tuhan meskipun ditingkah oleh suara ribuan orang yang sedang meratap.

PENYIKSAAN
Penyiksaan tidak membuat manusia tak bersalah jadi menderita:
penindasan pun tak dapat menghancurkan manusia yang berada di pihak
Kebenaran: Socrates tersenyum ketika disuruh minum racun, dan Stephen
tersenyum ketika dihujani dengan lemparan batu. Yang benar-benar
menyakitkan hati ialah kesedaran kita yang menentang penyiksaan dan
penindasan itu, dan terasa pedih bila kita mengkhianatinya.

KATA-KATA
Kata-kata tidak mengenal waktu. Kamu harus mengucapkannya atau menuliskannya dengan menyedari akan keabadiannya.

BICARA WANITA
Bila dua orang wanita berbicara, mereka tidak mengatakan apa-apa;
tetapi jika seorang saja yang berbicara, dia akan membuka semua tabir
kehidupannya.

KESADARAN
Aku tidak mengetahui kebenaran mutlak. Tetapi aku menyedari kebodohanku itu, dan di situlah terletak kehormatan dan pahalaku.

ILMU DAN AGAMA
Ilmu dan agama itu selalu sepakat, tetapi ilmu dan iman selalu bertengkar.

NILAI BURUK
Alangkah buruknya nilai kasih sayang yang meletakkan batu di satu sisi bangunan dan menghancurkan dinding di sisi lainnya.

MENUAI CINTA
Manusia tidak dapat menuai cinta sampai dia merasakan
perpisahan yang menyedihkan, dan yang mampu membuka fikirannya,
merasakan kesabaran yang pahit dan kesulitan yang menyedihkan.

SELAMATKAN AKU
Selamatkan aku dari dia yang tidak mengatakan kebenaran
kecuali kalau kebenaran itu menyakiti; dan dari orang yang berperilaku
baik tetapi berniat buruk; dan dari dia yang memperoleh nilai dirinya
dengan mencela orang lain.

CINTA
Salahlah bagi orang yang mengira bahwa cinta itu datang kerana pergaulan yang lama dan rayuan yang terus menerus.
Cinta adalah tunas pesona jiwa, dan jika tunas ini tak tercipta
dalam sesaat, ia takkan tercipta bertahun-tahun atau bahkan abad.

CINTA
Ketika cinta memanggilmu maka dekatilah dia walau jalannya
terjal berliku, jika cinta memelukmu maka dakaplah ia walau pedang di
sela-sela sayapnya melukaimu.

CINTA
Cinta tidak menyedari kedalamannya dan terasa pada saat
perpisahan pun tiba. Dan saat tangan laki-laki menyentuh tangan seorang
perempuan mereka berdua telah menyentuh hati keabadian.

CINTA
Cinta adalah satu-satunya kebebasan di dunia kerana cinta itu
membangkitkan semangat- hukum-hukum kemanusiaan dan gejala alami pun
tak mampu mengubah perjalanannya.

CINTA
Jika cinta tidak dapat mengembalikan engkau kepadaku dalam
kehidupan ini, pastilah cinta akan menyatukan kita dalam kehidupan yang
akan datang

ATAS NAMA CINTA
Jangan kau kira cinta datang dari keakraban yang lama dan
pendekatan yang tekun. Cinta adalah kesesuaian jiwa dan jika itu tak
pernah ada, cinta tak akan pernah tercipta dalam hitungan tahun bahkan
abad.

CINTA YANG BERLALU
Cinta berlalu di depan kita, terbalut dalam kerendahan hati; tetapi
kita lari daripadanya dalam ketakutan, atau bersembunyi di dalam
kegelapan; atau yang lain mengejarnya, untuk berbuat jahat atas namanya.

CINTA LELAKI
Setiap lelaki mencintai dua orang perempuan, yang pertama adalah imaginasinya dan yang kedua adalah yang belum dilahirkan.

TAKDIR CINTA
Aku mencintaimu kekasihku, sebelum kita berdekatan, sejak pertama kulihat engkau.
Aku tahu ini adalah takdir. Kita akan selalu bersama dan tidak akan ada yang memisahkan kita.

CINTA PERTAMA
Setiap orang muda pasti teringat cinta pertamanya dan mencuba menangkap
kembali hari-hari asing itu, yang kenangannya mengubah perasaan
direlung hatinya dan membuatnya begitu bahagia di sebalik, kepahitan
yang penuh misteri.

LAFAZ CINTA
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana… seperti kata yang tak
sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu… Aku ingin
mencintaimu dengan sederhana… seperti isyarat yang tak sempat
dikirimkan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada.

LAFAZ CINTA
Jangan menangis, Kekasihku… Janganlah menangis dan berbahagialah,
kerana kita diikat bersama dalam cinta. Hanya dengan cinta yang indah…
kita dapat bertahan terhadap derita kemiskinan, pahitnya kesedihan, dan
duka perpisahan.

KALIMAH CINTA
Apa yang telah kucintai laksana seorang anak yang tak
henti-hentinya aku mencintai… Dan, apa yang kucintai kini… akan
kucintai sampai akhir hidupku, kerana cinta ialah semua yang dapat
kucapai… dan tak ada yang akan mencabut diriku dari padanya

CINTA DAN AIRMATA
Cinta yang dibasuh oleh airmata akan tetap murni dan indah sentiasa.

WANITA
Seorang wanita telah dilengkapi oleh Tuhan dengan keindahan
jiwa dan raga adalah suatu kebenaran, yang sekaligus nyata dan maya,
yang hanya bisa kita fahami dengan cinta kasih, dan hanya bisa kita
sentuh dengan kebajikan.

BANGSA
Manusia terbahagi dalam bangsa, negara dan segala perbatasan.
Tanah airku adalah alam semesta. Aku warganegara dunia kemanusiaan.

KESENANGAN
Kesenangan adalah kesedihan yang terbuka bekasnya. Tawa dan airmata datang dari sumber yang sama.
Semakin dalam kesedihan menggoreskan luka ke dalam jiwa semakin mampu sang jiwa menampung kebahagiaan;

WARISAN
Manusia yang memperoleh kekayaannya oleh kerana warisan, membangun istananya dengan yang orang-orang miskin yang lemah.

RESAH HATI
Jika manusia kehilangan sahabatnya, dia akan melihat
sekitarnya dan akan melihat sahabat-sahabatnya datang dan
menghiburkannya. Akan tetapi apabila hati manusia kehilangan
kedamaiannya, dimanakah dia akan menemukannya, bagaimanakah dia akan
bisa
memperolehinya kembali?

JIWA
Tubuh mempunyai keinginan yang tidak kita ketahui. Mereka dipisahkan
kerana alasan duniawi dan dipisahkan di hujung bumi. Namun jiwa tetap
ada di tangan cinta… terus hidup… sampai kematian datang dan menyeret
mereka kepada Tuhan.

LUAHAN
Setitiss airmata menyatukanku dengan mereka yang patah hati;
seulas senyum menjadi sebuah tanda kebahagiaanku dalam kewujudan… Aku
merasa lebih baik jika aku mati dalam hasrat dan kerinduan…dari aku
hidup menjemukan dan putus asa.

LAGU KEINDAHAN
Jika kamu menyanyikan lagu tentang keindahan, walau sendirian di puncak gurun, kamu akan didengari.

DIRI
Dirimu terdiri dari dua; satu membayangkan ia mengetahui
dirinya dan yang satu lagi membayangkan bahawa orang lain mengetahui ia.

TEMAN MENANGIS
Kamu mungkin akan melupakan orang yang tertawa denganmu, tetapi tidak mungkin melupakan orang yang pernah menangis denganmu.

PEMAHAMAN DIRI
Orang-orang berkata, jika ada yang dapat memahami dirinya
sendiri, ia akan dapat memahami semua orang. Tapi aku berkata, jika ada
yang mencintai orang lain, ia dapat mempelajari sesuatu tentang dirinya
sendiri.

HATI LELAKI
Ramai wanita yang meminjam hati laki-laki; tapi sangat sedikit yang mampu memilikinya.

PENULIS
Kebanyakan penulis menampal fikiran-fikiran mereka yang tidak karuan dengan bahan tampalan daripada kamus.

HARTA BENDA
Harta benda yang tak punya batas, membunuh manusia perlahan
dengan kepuasan yang berbisa. Kasih sayang membangunkannya dan pedih
peri nestapa membuka jiwanya.

OBOR HATI
Tuhan telah menyalakan obor dalam hatimu yang memancarkan cahaya
pengetahuan dan keindahan; sungguh berdosa jika kita memadamkannya dan
mencampakkannya dalam abu.

KESEPIAN
Kesepianku lahir ketika orang-orang memuji kelemahan-kelemahanku yang ramah dan menyalahkan kebajikan-kebajikanku yang pendiam.

KEABADIAN PANTAI
Aku berjalan selalu di pantai ini. Antara pasir dan buih, Air pasang
bakal menghapus jejakku. Dan angin kencang menyembur hilang buih putih.
Namun lautan dan pantai akan tinggal abadi

MEMAHAMI TEMAN
Jika kamu tidak memahami teman kamu dalam semua keadaan, maka kamu tidak akan pernah memahaminya sampai bila-bila.

MANUSIA SAMA
Jika di dunia ini ada dua orang yang sama, maka dunia tidak akan cukup besar untuk menampung mereka.

MENCINTAI
Kekuatan untuk mencintai adalah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan
kepada manusia, sebab kekuatan itu tidak akan pernah direnggut dari
manusia penuh berkat yang mencinta.

CERMIN DIRI
Ketika aku berdiri bagaikan sebuah cermin jernih di hadapanmu,
kamu memandang ke dalam diriku dan melihat bayanganmu. Kemudian kamu berkata,
Aku cinta kamu.
Tetapi sebenarnya, kamu mencintai dirimu dalam diriku

KEBIJAKSANAAN
Kebijaksanaan tidak lagi merupakan kebijaksanaan apabila ia menjadi
terlalu angkuh untuk menangis, terlalu serius untuk tertawa, dan
terlalu egois untuk melihat yang lain kecuali dirinya sendiri. (keinginan yang bijak)

KEBENARAN
Diperlukan dua orang untuk menemui kebenaran; satu untuk mengucapkannya dan satu lagi untuk memahaminya.

NYANYIAN PANTAI
Apakah nyanyian laut berakhir di pantai atau dalam hati-hati mereka yang mendengarnya?

HARTA BENDA

Harta benda yang tak punya batas, membunuh manusia perlahan dengan kepuasan yang berbisa. Kasih sayang membangunkannya dan pedih peri nestapa membuka jiwanya.

OBOR HATI

Tuhan telah menyalakan obor dalam hatimu yang memancarkan cahaya pengetahuan dan keindahan; sungguh berdosa jika kita memadamkannya dan mencampakkannya dalam abu.

KESEPIAN

Kesepianku lahir ketika orang-orang memuji kelemahan-kelemahanku yang ramah dan menyalahkan kebajikan-kebajikanku yang pendiam.

KEABADIAN PANTAI

Aku berjalan selalu di pantai ini. Antara pasir dan buih, Air pasang bakal menghapus jejakku. Dan angin kencang menyembur hilang buih putih. Namun lautan dan pantai akan tinggal abadi

MEMAHAMI TEMAN

Jika kamu tidak memahami teman kamu dalam semua keadaan, maka kamu tidak akan pernah memahaminya sampai bila-bila.

MANUSIA SAMA

Jika di dunia ini ada dua orang yang sama, maka dunia tidak akan cukup besar untuk menampung mereka.

KESENANGAN

Kesenangan adalah kesedihan yang terbuka bekasnya. Tawa dan airmata datang dari sumber yang sama.
Semakin dalam kesedihan menggoreskan luka ke dalam jiwa semakin mampu sang jiwa menampung kebahagiaan;

WARISAN

Manusia yang memperoleh kekayaannya oleh kerana warisan, membangun istananya dengan yang orang-orang miskin yang lemah.

RESAH HATI

Jika manusia kehilangan sahabatnya, dia akan melihat sekitarnya dan akan melihat sahabat-sahabatnya datang dan menghiburkannya. Akan tetapi apabila hati manusia kehilangan kedamaiannya, dimanakah dia akan menemukannya, bagaimanakah dia akan bisa
memperolehinya kembali?

JIWA

Tubuh mempunyai keinginan yang tidak kita ketahui. Mereka dipisahkan kerana alasan duniawi dan dipisahkan di hujung bumi. Namun jiwa tetap ada di tangan cinta… terus hidup… sampai kematian datang dan menyeret mereka kepada Tuhan.

LUAHAN

Setitiss airmata menyatukanku dengan mereka yang patah hati; seulas senyum menjadi sebuah tanda kebahagiaanku dalam kewujudan… Aku merasa lebih baik jika aku mati dalam hasrat dan kerinduan…dari aku hidup menjemukan dan putus asa.

LAGU KEINDAHAN

Jika kamu menyanyikan lagu tentang keindahan, walau sendirian di puncak gurun, kamu akan didengari.

DIRI

Dirimu terdiri dari dua; satu membayangkan ia mengetahui dirinya dan yang satu lagi membayangkan bahawa orang lain mengetahui ia.

TEMAN MENANGIS

Kamu mungkin akan melupakan orang yang tertawa denganmu, tetapi tidak mungkin melupakan orang yang pernah menangis denganmu.

MENCINTAI

Kekuatan untuk mencintai adalah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada manusia, sebab kekuatan itu tidak akan pernah direnggut dari manusia penuh berkat yang mencinta.

CERMIN DIRI

Ketika aku berdiri bagaikan sebuah cermin jernih di hadapanmu,
kamu memandang ke dalam diriku dan melihat bayanganmu. Kemudian kamu berkata,
Aku cinta kamu.
Tetapi sebenarnya, kamu mencintai dirimu dalam diriku

KEBIJAKSANAAN

Kebijaksanaan tidak lagi merupakan kebijaksanaan apabila ia menjadi terlalu angkuh untuk menangis, terlalu serius untuk tertawa, dan terlalu egois untuk melihat yang lain kecuali dirinya sendiri.

KEBENARAN

Diperlukan dua orang untuk menemui kebenaran; satu untuk mengucapkannya dan satu lagi untuk memahaminya.

NYANYIAN PANTAI

Apakah nyanyian laut berakhir di pantai atau dalam hati-hati mereka yang mendengarnya


PERPISAHAN

Ketika tiba saat perpisahan janganlah kalian berduka, sebab apa yang paling kalian kasihi darinya mungkin akan nampak lebih nyata dari kejauhan – seperti gunung yang nampak lebih agung terlihat dari padang dan dataran.

KATA TERINDAH

Kata yang paling indah di bibir umat manusia adalah kata ‘Ibu’, dan panggilan paling indah adalah ‘Ibuku’. Ini adalah kata penuh harapan dan cinta, kata manis dan baik yang keluar dari kedalaman hati.

SAHABAT SEJATI

Tidak ada sahabat sejati yang ada hanya kepentingan.

PERSAHABATAN

Persahabatan itu adalah tanggungjawaban yang manis, bukannya peluang.

SULUH HIDUP

Tuhan telah memasang suluh dalam hati kita yang menyinarkan pengetahuan dan keindahan;berdosalah mereka yang mematikan suluh itu dan menguburkannya ke dalam abu.

PENYAIR

Penyair adalah orang yang tidak bahagia, kerana betapa pun tinggi jiwa mereka,
mereka tetap diselubungi airmata.

Penyair adalah adunan kegembiraan dan kepedihan dan ketakjuban, dengan sedikit kamus.

Penyair adalah raja yang tak bertakhta, yang duduk di dalam abu istananya dan cuba membangun khayalan daripada abu itu.

Penyair adalah burung yang membawa keajaiban. Dia lari dari kerajaan syurga lalu tiba di dunia ini untuk berkicau semerdu-merdunya dengan suara bergetar. Bila kita tidak memahaminya dengan cinta di hati, dia akan kembali mengepakkan sayapnya lalu terbang kembali ke negeri asalnya.

SUARA KEHIDUPANKU

Suara kehidupanku memang tak akan mampu menjangkau telinga kehidupanmu; tapi marilah kita cuba saling bicara barangkali kita dapat mengusir kesepian dan tidak merasa jemu.

KEINDAHAN KEHIDUPAN

Keindahan adalah kehidupan itu sendiri saat ia membuka tabir penutup wajahnya. Dan kalian adalah kehidupannya itu, kalianlah cadar itu. Keindahan adalah keabadian yag termangu di depan cermin. Dan kalian; adalah keabadian itu, kalianlah cermin itu.

RUMAH

Rumahmu tak akan menjadi sebuah sangkar, melainkan tiang utama sebuah kapal layar.

PUISI

Puisi bukanlah pendapat yang dinyatakan. Ia adalah lagu yang muncul daripada luka yang berdarah atau mulut yang tersenyum.

NILAI

Nilai dari seseorang itu di tentukan dari keberaniannya memikul tanggungjawab, mencintai hidup dan pekerjaannya.

PENDERITAAN

Penderitaan yang menyakitkan adalah koyaknya kulit pembungkus kesedaran- seperti pecahnya kulit buah supaya intinya terbuka merekah bagi sinar matahari yang tercurah.

Kalian memiliki takdir kepastian untuk merasakan penderitaan dan kepedihan. Jika hati kalian masih tergetar oleh rasa takjub menyaksikan keajaiban yang terjadi dalam kehidupan, maka pedihnya penderitaan tidak kalah menakjubkan daripada kesenangan.

Banyak di antara yang kalian menderita adalah pilihan kalian sendiri – ubat pahit kehidupan agar manusia sembuh dari luka hati dan penyakit jiwa. Percayalah tabib kehidupan dan teguk habis ramuan pahit itu dengan cekal dan tanpa bicara.

SAHABAT

Sahabat adalah keperluan jiwa yang mesti dipenuhi.
Dialah ladang hati, yang kau taburi dengan kasih dan kau subur dengan penuh rasa terima kasih.
Dan dia pulalah naungan dan pendianganmu. Kerana kau menghampirinya saat hati lupa dan mencarinya saat jiwa memerlukan kedamaian.

SIKAP MANUSIA

Jauhkan aku dari manusia yang tidak mahu menyatakan kebenaran kecuali jika ia berniat menyakiti hati, dan dari manusia yang bersikap baik tapi berniat buruk, dan dari manusia yang mendapatkan penghargaan dengan jalan memperlihatkan kesalahan orang lain.

DUA HATI

Orang yang berjiwa besar memiliki dua hati; satu hati menangis dan yang satu lagi bersabar.

HUTANG KEHIDUPAN

Periksalah buku kenanganmu semalam, dan engkau akan tahu bahwa engkau masih berhutang kepada manusia dan kehidupan.

INSPIRASI

Inspirasi akan selalu bernyanyi; kerana inspirasi tidak pernah menjelaskan.

POHON

Pohon adalah syair yang ditulis bumi pada langit. Kita tebang pohon itu dan menjadikannya kertas, dan di atasnya kita tulis kehampaan kita.

FALSAFAH HIDUP

Hidup adalah kegelapan jika tanpa hasrat dan keinginan. Dan semua hasrat -keinginan adalah buta, jika tidak disertai pengetahuan . Dan pengetahuan adalah hampa jika tidak diikuti pelajaran. Dan setiap pelajaran akan sia-sia jika tidak disertai cinta

KERJA

Bekerja dengan rasa cinta, bererti menyatukan diri dengan diri kalian sendiri,dengan diri orang lain dan kepada Tuhan.

Tapi bagaimanakah bekerja dengan rasa cinta itu ? Bagaikan menenun kain dengan benang yang ditarik dari jantungmu, seolah-olah kekasihmu yang akan memakainya kelak.

LAGU GEMBIRA

Alangkah mulianya hati yang sedih tetapi dapat menyanyikan lagu kegembiraan bersama hati-hati yang gembira.

ILMU DAN AGAMA

Ilmu dan agama itu selalu sepakat, tetapi ilmu dan iman selalu bertengkar.

NILAI BURUK

Alangkah buruknya nilai kasih sayang yang meletakkan batu di satu sisi bangunan dan menghancurkan dinding di sisi lainnya.

MENUAI CINTA

Manusia tidak dapat menuai cinta sampai dia merasakan perpisahan yang menyedihkan, dan yang mampu membuka fikirannya, merasakan kesabaran yang pahit dan kesulitan yang menyedihkan.

KEHIDUPAN

Sebab kehidupan tidak berjalan mundur, pun tidak tenggelam dimasa lampau.

KERJA

Kerja adalah wujud nyata cinta. Bila kita tidak dapat bekerja dengan kecintaan, tapi hanya dengan kebencian, lebih baik tinggalkan pekerjaan itu. Lalu, duduklah di gerbang rumah ibadat dan terimalah derma dari mereka yang bekerja dengan penuh suka cita.

SELAMATKAN AKU

Selamatkan aku dari dia yang tidak mengatakan kebenaran kecuali kalau kebenaran itu menyakiti; dan dari orang yang berperilaku baik tetapi berniat buruk; dan dari dia yang memperoleh nilai dirinya dengan mencela orang lain.

KEBEBASAN

Ada orang mengatakan padaku, “Jika engkau melihat ada hamba tertidur, jangan dibangunkan, barangkali ia sedang bermimpi akan kebebasan.”
Kujawab,”Jika engkau melihat ada hamba tertidur, bangunkan dia dan ajaklah berbicara tentang kebebasan.”

ORANG TERPUJI

Sungguh terpuji orang yang malu bila menerima pujian, dan tetap diam bila tertimpa fitnah.

BERJALAN SEIRINGAN

Aku akan berjalan bersama mereka yang berjalan. Kerana aku tidak akan berdiri diam sebagai penonton yang menyaksikan perarakan berlalu.

DOA

Doa adalah lagu hati yang membimbing ke arah singgahsana Tuhan meskipun ditingkah oleh suara ribuan orang yang sedang meratap.

PENYIKSAAN

Penyiksaan tidak membuat manusia tak bersalah jadi menderita: penindasan pun tak dapat menghancurkan manusia yang berada di pihak Kebenaran: Socrates tersenyum ketika disuruh minum racun, dan Stephen tersenyum ketika dihujani dengan lemparan batu. Yang benar-benar menyakitkan hati ialah kesedaran kita yang menentang penyiksaan dan penindasan itu, dan terasa pedih bila kita mengkhianatinya.

KATA-KATA

Kata-kata tidak mengenal waktu. Kamu harus mengucapkannya atau menuliskannya dengan menyedari akan keabadiannya.

BICARA WANITA

Bila dua orang wanita berbicara, mereka tidak mengatakan apa-apa; tetapi jika seorang saja yang berbicara, dia akan membuka semua tabir kehidupannya.

KESEDARAN

Aku tidak mengetahui kebenaran mutlak. Tetapi aku menyedari kebodohanku itu, dan di situlah terletak kehormatan dan pahalaku.

BANGSA

Manusia terbahagi dalam bangsa, negara dan segala perbatasan. Tanah airku adalah alam semesta. Aku warganegara dunia kemanusiaan.

PEMAHAMAN DIRI

Orang-orang berkata, jika ada yang dapat memahami dirinya sendiri, ia akan dapat memahami semua orang. Tapi aku berkata, jika ada yang mencintai orang lain, ia dapat mempelajari sesuatu tentang dirinya sendiri.

HATI LELAKI

Ramai wanita yang meminjam hati laki-laki; tapi sangat sedikit yang mampu memilikinya.

 HARTA BENDA

Harta benda yang tak punya batas, membunuh manusia perlahan dengan kepuasan yang berbisa. Kasih sayang membangunkannya dan pedih peri nestapa membuka jiwanya.

OBOR HATI

Tuhan telah menyalakan obor dalam hatimu yang memancarkan cahaya pengetahuan dan keindahan; sungguh berdosa jika kita memadamkannya dan mencampakkannya dalam abu.

KESEPIAN

Kesepianku lahir ketika orang-orang memuji kelemahan-kelemahanku yang ramah dan menyalahkan kebajikan-kebajikanku yang pendiam.

KEABADIAN PANTAI

Aku berjalan selalu di pantai ini. Antara pasir dan buih, Air pasang bakal menghapus jejakku. Dan angin kencang menyembur hilang buih putih. Namun lautan dan pantai akan tinggal abadi

MEMAHAMI TEMAN

Jika kamu tidak memahami teman kamu dalam semua keadaan, maka kamu tidak akan pernah memahaminya sampai bila-bila.

MANUSIA SAMA

Jika di dunia ini ada dua orang yang sama, maka dunia tidak akan cukup besar untuk menampung mereka.

KESENANGAN

Kesenangan adalah kesedihan yang terbuka bekasnya. Tawa dan airmata datang dari sumber yang sama.
Semakin dalam kesedihan menggoreskan luka ke dalam jiwa semakin mampu sang jiwa menampung kebahagiaan;

WARISAN

Manusia yang memperoleh kekayaannya oleh kerana warisan, membangun istananya dengan yang orang-orang miskin yang lemah.

RESAH HATI

Jika manusia kehilangan sahabatnya, dia akan melihat sekitarnya dan akan melihat sahabat-sahabatnya datang dan menghiburkannya. Akan tetapi apabila hati manusia kehilangan kedamaiannya, dimanakah dia akan menemukannya, bagaimanakah dia akan bisa
memperolehinya kembali?

JIWA

Tubuh mempunyai keinginan yang tidak kita ketahui. Mereka dipisahkan kerana alasan duniawi dan dipisahkan di hujung bumi. Namun jiwa tetap ada di tangan cinta… terus hidup… sampai kematian datang dan menyeret mereka kepada Tuhan.

LUAHAN

Setitiss airmata menyatukanku dengan mereka yang patah hati; seulas senyum menjadi sebuah tanda kebahagiaanku dalam kewujudan… Aku merasa lebih baik jika aku mati dalam hasrat dan kerinduan…dari aku hidup menjemukan dan putus asa.

LAGU KEINDAHAN

Jika kamu menyanyikan lagu tentang keindahan, walau sendirian di puncak gurun, kamu akan didengari.

DIRI

Dirimu terdiri dari dua; satu membayangkan ia mengetahui dirinya dan yang satu lagi membayangkan bahawa orang lain mengetahui ia.

TEMAN MENANGIS

Kamu mungkin akan melupakan orang yang tertawa denganmu, tetapi tidak mungkin melupakan orang yang pernah menangis denganmu.

MENCINTAI

Kekuatan untuk mencintai adalah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada manusia, sebab kekuatan itu tidak akan pernah direnggut dari manusia penuh berkat yang mencinta.

CERMIN DIRI

Ketika aku berdiri bagaikan sebuah cermin jernih di hadapanmu,
kamu memandang ke dalam diriku dan melihat bayanganmu. Kemudian kamu berkata,
Aku cinta kamu.
Tetapi sebenarnya, kamu mencintai dirimu dalam diriku

KEBIJAKSANAAN

Kebijaksanaan tidak lagi merupakan kebijaksanaan apabila ia menjadi terlalu angkuh untuk menangis, terlalu serius untuk tertawa, dan terlalu egois untuk melihat yang lain kecuali dirinya sendiri.

KEBENARAN

Diperlukan dua orang untuk menemui kebenaran; satu untuk mengucapkannya dan satu lagi untuk memahaminya.

NYANYIAN PANTAI

Apakah nyanyian laut berakhir di pantai atau dalam hati-hati mereka yang mendengarnya


PERPISAHAN

Ketika tiba saat perpisahan janganlah kalian berduka, sebab apa yang paling kalian kasihi darinya mungkin akan nampak lebih nyata dari kejauhan – seperti gunung yang nampak lebih agung terlihat dari padang dan dataran.

KATA TERINDAH

Kata yang paling indah di bibir umat manusia adalah kata ‘Ibu’, dan panggilan paling indah adalah ‘Ibuku’. Ini adalah kata penuh harapan dan cinta, kata manis dan baik yang keluar dari kedalaman hati.

SAHABAT SEJATI

Tidak ada sahabat sejati yang ada hanya kepentingan.

PERSAHABATAN

Persahabatan itu adalah tanggungjawaban yang manis, bukannya peluang.

SULUH HIDUP

Tuhan telah memasang suluh dalam hati kita yang menyinarkan pengetahuan dan keindahan;berdosalah mereka yang mematikan suluh itu dan menguburkannya ke dalam abu.

PENYAIR

Penyair adalah orang yang tidak bahagia, kerana betapa pun tinggi jiwa mereka,
mereka tetap diselubungi airmata.

Penyair adalah adunan kegembiraan dan kepedihan dan ketakjuban, dengan sedikit kamus.

Penyair adalah raja yang tak bertakhta, yang duduk di dalam abu istananya dan cuba membangun khayalan daripada abu itu.

Penyair adalah burung yang membawa keajaiban. Dia lari dari kerajaan syurga lalu tiba di dunia ini untuk berkicau semerdu-merdunya dengan suara bergetar. Bila kita tidak memahaminya dengan cinta di hati, dia akan kembali mengepakkan sayapnya lalu terbang kembali ke negeri asalnya.

SUARA KEHIDUPANKU

Suara kehidupanku memang tak akan mampu menjangkau telinga kehidupanmu; tapi marilah kita cuba saling bicara barangkali kita dapat mengusir kesepian dan tidak merasa jemu.

KEINDAHAN KEHIDUPAN

Keindahan adalah kehidupan itu sendiri saat ia membuka tabir penutup wajahnya. Dan kalian adalah kehidupannya itu, kalianlah cadar itu. Keindahan adalah keabadian yag termangu di depan cermin. Dan kalian; adalah keabadian itu, kalianlah cermin itu.

RUMAH

Rumahmu tak akan menjadi sebuah sangkar, melainkan tiang utama sebuah kapal layar.

PUISI

Puisi bukanlah pendapat yang dinyatakan. Ia adalah lagu yang muncul daripada luka yang berdarah atau mulut yang tersenyum.

NILAI

Nilai dari seseorang itu di tentukan dari keberaniannya memikul tanggungjawab, mencintai hidup dan pekerjaannya.

PENDERITAAN

Penderitaan yang menyakitkan adalah koyaknya kulit pembungkus kesedaran- seperti pecahnya kulit buah supaya intinya terbuka merekah bagi sinar matahari yang tercurah.

Kalian memiliki takdir kepastian untuk merasakan penderitaan dan kepedihan. Jika hati kalian masih tergetar oleh rasa takjub menyaksikan keajaiban yang terjadi dalam kehidupan, maka pedihnya penderitaan tidak kalah menakjubkan daripada kesenangan.

Banyak di antara yang kalian menderita adalah pilihan kalian sendiri – ubat pahit kehidupan agar manusia sembuh dari luka hati dan penyakit jiwa. Percayalah tabib kehidupan dan teguk habis ramuan pahit itu dengan cekal dan tanpa bicara.

SAHABAT

Sahabat adalah keperluan jiwa yang mesti dipenuhi.
Dialah ladang hati, yang kau taburi dengan kasih dan kau subur dengan penuh rasa terima kasih.
Dan dia pulalah naungan dan pendianganmu. Kerana kau menghampirinya saat hati lupa dan mencarinya saat jiwa memerlukan kedamaian.

SIKAP MANUSIA

Jauhkan aku dari manusia yang tidak mahu menyatakan kebenaran kecuali jika ia berniat menyakiti hati, dan dari manusia yang bersikap baik tapi berniat buruk, dan dari manusia yang mendapatkan penghargaan dengan jalan memperlihatkan kesalahan orang lain.

DUA HATI

Orang yang berjiwa besar memiliki dua hati; satu hati menangis dan yang satu lagi bersabar.

HUTANG KEHIDUPAN

Periksalah buku kenanganmu semalam, dan engkau akan tahu bahwa engkau masih berhutang kepada manusia dan kehidupan.

INSPIRASI

Inspirasi akan selalu bernyanyi; kerana inspirasi tidak pernah menjelaskan.

POHON

Pohon adalah syair yang ditulis bumi pada langit. Kita tebang pohon itu dan menjadikannya kertas, dan di atasnya kita tulis kehampaan kita.

FALSAFAH HIDUP

Hidup adalah kegelapan jika tanpa hasrat dan keinginan. Dan semua hasrat -keinginan adalah buta, jika tidak disertai pengetahuan . Dan pengetahuan adalah hampa jika tidak diikuti pelajaran. Dan setiap pelajaran akan sia-sia jika tidak disertai cinta

KERJA

Bekerja dengan rasa cinta, bererti menyatukan diri dengan diri kalian sendiri,dengan diri orang lain dan kepada Tuhan.

Tapi bagaimanakah bekerja dengan rasa cinta itu ? Bagaikan menenun kain dengan benang yang ditarik dari jantungmu, seolah-olah kekasihmu yang akan memakainya kelak.

LAGU GEMBIRA

Alangkah mulianya hati yang sedih tetapi dapat menyanyikan lagu kegembiraan bersama hati-hati yang gembira.

ILMU DAN AGAMA

Ilmu dan agama itu selalu sepakat, tetapi ilmu dan iman selalu bertengkar.

NILAI BURUK

Alangkah buruknya nilai kasih sayang yang meletakkan batu di satu sisi bangunan dan menghancurkan dinding di sisi lainnya.

MENUAI CINTA

Manusia tidak dapat menuai cinta sampai dia merasakan perpisahan yang menyedihkan, dan yang mampu membuka fikirannya, merasakan kesabaran yang pahit dan kesulitan yang menyedihkan.

KEHIDUPAN

Sebab kehidupan tidak berjalan mundur, pun tidak tenggelam dimasa lampau.

KERJA

Kerja adalah wujud nyata cinta. Bila kita tidak dapat bekerja dengan kecintaan, tapi hanya dengan kebencian, lebih baik tinggalkan pekerjaan itu. Lalu, duduklah di gerbang rumah ibadat dan terimalah derma dari mereka yang bekerja dengan penuh suka cita.

SELAMATKAN AKU

Selamatkan aku dari dia yang tidak mengatakan kebenaran kecuali kalau kebenaran itu menyakiti; dan dari orang yang berperilaku baik tetapi berniat buruk; dan dari dia yang memperoleh nilai dirinya dengan mencela orang lain.

KEBEBASAN

Ada orang mengatakan padaku, “Jika engkau melihat ada hamba tertidur, jangan dibangunkan, barangkali ia sedang bermimpi akan kebebasan.”
Kujawab,”Jika engkau melihat ada hamba tertidur, bangunkan dia dan ajaklah berbicara tentang kebebasan.”

ORANG TERPUJI

Sungguh terpuji orang yang malu bila menerima pujian, dan tetap diam bila tertimpa fitnah.

BERJALAN SEIRINGAN

Aku akan berjalan bersama mereka yang berjalan. Kerana aku tidak akan berdiri diam sebagai penonton yang menyaksikan perarakan berlalu.

DOA

Doa adalah lagu hati yang membimbing ke arah singgahsana Tuhan meskipun ditingkah oleh suara ribuan orang yang sedang meratap.

PENYIKSAAN

Penyiksaan tidak membuat manusia tak bersalah jadi menderita: penindasan pun tak dapat menghancurkan manusia yang berada di pihak Kebenaran: Socrates tersenyum ketika disuruh minum racun, dan Stephen tersenyum ketika dihujani dengan lemparan batu. Yang benar-benar menyakitkan hati ialah kesedaran kita yang menentang penyiksaan dan penindasan itu, dan terasa pedih bila kita mengkhianatinya.

KATA-KATA

Kata-kata tidak mengenal waktu. Kamu harus mengucapkannya atau menuliskannya dengan menyedari akan keabadiannya.

BICARA WANITA

Bila dua orang wanita berbicara, mereka tidak mengatakan apa-apa; tetapi jika seorang saja yang berbicara, dia akan membuka semua tabir kehidupannya.

KESEDARAN

Aku tidak mengetahui kebenaran mutlak. Tetapi aku menyedari kebodohanku itu, dan di situlah terletak kehormatan dan pahalaku.

BANGSA

Manusia terbahagi dalam bangsa, negara dan segala perbatasan. Tanah airku adalah alam semesta. Aku warganegara dunia kemanusiaan.

PEMAHAMAN DIRI

Orang-orang berkata, jika ada yang dapat memahami dirinya sendiri, ia akan dapat memahami semua orang. Tapi aku berkata, jika ada yang mencintai orang lain, ia dapat mempelajari sesuatu tentang dirinya sendiri.

HATI LELAKI

Ramai wanita yang meminjam hati laki-laki; tapi sangat sedikit yang mampu memilikinya.

PENULIS

Kebanyakan penulis menampal fikiran-fikiran mereka yang tidak karuan dengan bahan tampalan daripada kamus.





HARTA BENDA

Harta benda yang tak punya batas, membunuh manusia perlahan dengan kepuasan yang berbisa. Kasih sayang membangunkannya dan pedih peri nestapa membuka jiwanya.

OBOR HATI

Tuhan telah menyalakan obor dalam hatimu yang memancarkan cahaya pengetahuan dan keindahan; sungguh berdosa jika kita memadamkannya dan mencampakkannya dalam abu.

KESEPIAN

Kesepianku lahir ketika orang-orang memuji kelemahan-kelemahanku yang ramah dan menyalahkan kebajikan-kebajikanku yang pendiam.

KEABADIAN PANTAI

Aku berjalan selalu di pantai ini. Antara pasir dan buih, Air pasang bakal menghapus jejakku. Dan angin kencang menyembur hilang buih putih. Namun lautan dan pantai akan tinggal abadi

MEMAHAMI TEMAN

Jika kamu tidak memahami teman kamu dalam semua keadaan, maka kamu tidak akan pernah memahaminya sampai bila-bila.

MANUSIA SAMA

Jika di dunia ini ada dua orang yang sama, maka dunia tidak akan cukup besar untuk menampung mereka.

KESENANGAN

Kesenangan adalah kesedihan yang terbuka bekasnya. Tawa dan airmata datang dari sumber yang sama.
Semakin dalam kesedihan menggoreskan luka ke dalam jiwa semakin mampu sang jiwa menampung kebahagiaan;

WARISAN

Manusia yang memperoleh kekayaannya oleh kerana warisan, membangun istananya dengan yang orang-orang miskin yang lemah.

RESAH HATI

Jika manusia kehilangan sahabatnya, dia akan melihat sekitarnya dan akan melihat sahabat-sahabatnya datang dan menghiburkannya. Akan tetapi apabila hati manusia kehilangan kedamaiannya, dimanakah dia akan menemukannya, bagaimanakah dia akan bisa
memperolehinya kembali?

JIWA

Tubuh mempunyai keinginan yang tidak kita ketahui. Mereka dipisahkan kerana alasan duniawi dan dipisahkan di hujung bumi. Namun jiwa tetap ada di tangan cinta… terus hidup… sampai kematian datang dan menyeret mereka kepada Tuhan.

LUAHAN

Setitiss airmata menyatukanku dengan mereka yang patah hati; seulas senyum menjadi sebuah tanda kebahagiaanku dalam kewujudan… Aku merasa lebih baik jika aku mati dalam hasrat dan kerinduan…dari aku hidup menjemukan dan putus asa.

LAGU KEINDAHAN

Jika kamu menyanyikan lagu tentang keindahan, walau sendirian di puncak gurun, kamu akan didengari.

DIRI

Dirimu terdiri dari dua; satu membayangkan ia mengetahui dirinya dan yang satu lagi membayangkan bahawa orang lain mengetahui ia.

TEMAN MENANGIS

Kamu mungkin akan melupakan orang yang tertawa denganmu, tetapi tidak mungkin melupakan orang yang pernah menangis denganmu.

MENCINTAI

Kekuatan untuk mencintai adalah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada manusia, sebab kekuatan itu tidak akan pernah direnggut dari manusia penuh berkat yang mencinta.

CERMIN DIRI

Ketika aku berdiri bagaikan sebuah cermin jernih di hadapanmu,
kamu memandang ke dalam diriku dan melihat bayanganmu. Kemudian kamu berkata,
Aku cinta kamu.
Tetapi sebenarnya, kamu mencintai dirimu dalam diriku

KEBIJAKSANAAN

Kebijaksanaan tidak lagi merupakan kebijaksanaan apabila ia menjadi terlalu angkuh untuk menangis, terlalu serius untuk tertawa, dan terlalu egois untuk melihat yang lain kecuali dirinya sendiri.

KEBENARAN

Diperlukan dua orang untuk menemui kebenaran; satu untuk mengucapkannya dan satu lagi untuk memahaminya.

NYANYIAN PANTAI

Apakah nyanyian laut berakhir di pantai atau dalam hati-hati mereka yang mendengarnya


PERPISAHAN

Ketika tiba saat perpisahan janganlah kalian berduka, sebab apa yang paling kalian kasihi darinya mungkin akan nampak lebih nyata dari kejauhan – seperti gunung yang nampak lebih agung terlihat dari padang dan dataran.

KATA TERINDAH

Kata yang paling indah di bibir umat manusia adalah kata ‘Ibu’, dan panggilan paling indah adalah ‘Ibuku’. Ini adalah kata penuh harapan dan cinta, kata manis dan baik yang keluar dari kedalaman hati.

SAHABAT SEJATI

Tidak ada sahabat sejati yang ada hanya kepentingan.

PERSAHABATAN

Persahabatan itu adalah tanggungjawaban yang manis, bukannya peluang.

SULUH HIDUP

Tuhan telah memasang suluh dalam hati kita yang menyinarkan pengetahuan dan keindahan;berdosalah mereka yang mematikan suluh itu dan menguburkannya ke dalam abu.

PENYAIR

Penyair adalah orang yang tidak bahagia, kerana betapa pun tinggi jiwa mereka,
mereka tetap diselubungi airmata.

Penyair adalah adunan kegembiraan dan kepedihan dan ketakjuban, dengan sedikit kamus.

Penyair adalah raja yang tak bertakhta, yang duduk di dalam abu istananya dan cuba membangun khayalan daripada abu itu.

Penyair adalah burung yang membawa keajaiban. Dia lari dari kerajaan syurga lalu tiba di dunia ini untuk berkicau semerdu-merdunya dengan suara bergetar. Bila kita tidak memahaminya dengan cinta di hati, dia akan kembali mengepakkan sayapnya lalu terbang kembali ke negeri asalnya.

SUARA KEHIDUPANKU

Suara kehidupanku memang tak akan mampu menjangkau telinga kehidupanmu; tapi marilah kita cuba saling bicara barangkali kita dapat mengusir kesepian dan tidak merasa jemu.

KEINDAHAN KEHIDUPAN

Keindahan adalah kehidupan itu sendiri saat ia membuka tabir penutup wajahnya. Dan kalian adalah kehidupannya itu, kalianlah cadar itu. Keindahan adalah keabadian yag termangu di depan cermin. Dan kalian; adalah keabadian itu, kalianlah cermin itu.

RUMAH

Rumahmu tak akan menjadi sebuah sangkar, melainkan tiang utama sebuah kapal layar.

PUISI

Puisi bukanlah pendapat yang dinyatakan. Ia adalah lagu yang muncul daripada luka yang berdarah atau mulut yang tersenyum.

NILAI

Nilai dari seseorang itu di tentukan dari keberaniannya memikul tanggungjawab, mencintai hidup dan pekerjaannya.

PENDERITAAN

Penderitaan yang menyakitkan adalah koyaknya kulit pembungkus kesedaran- seperti pecahnya kulit buah supaya intinya terbuka merekah bagi sinar matahari yang tercurah.

Kalian memiliki takdir kepastian untuk merasakan penderitaan dan kepedihan. Jika hati kalian masih tergetar oleh rasa takjub menyaksikan keajaiban yang terjadi dalam kehidupan, maka pedihnya penderitaan tidak kalah menakjubkan daripada kesenangan.

Banyak di antara yang kalian menderita adalah pilihan kalian sendiri – ubat pahit kehidupan agar manusia sembuh dari luka hati dan penyakit jiwa. Percayalah tabib kehidupan dan teguk habis ramuan pahit itu dengan cekal dan tanpa bicara.

SAHABAT

Sahabat adalah keperluan jiwa yang mesti dipenuhi.
Dialah ladang hati, yang kau taburi dengan kasih dan kau subur dengan penuh rasa terima kasih.
Dan dia pulalah naungan dan pendianganmu. Kerana kau menghampirinya saat hati lupa dan mencarinya saat jiwa memerlukan kedamaian.

SIKAP MANUSIA

Jauhkan aku dari manusia yang tidak mahu menyatakan kebenaran kecuali jika ia berniat menyakiti hati, dan dari manusia yang bersikap baik tapi berniat buruk, dan dari manusia yang mendapatkan penghargaan dengan jalan memperlihatkan kesalahan orang lain.

DUA HATI

Orang yang berjiwa besar memiliki dua hati; satu hati menangis dan yang satu lagi bersabar.

HUTANG KEHIDUPAN

Periksalah buku kenanganmu semalam, dan engkau akan tahu bahwa engkau masih berhutang kepada manusia dan kehidupan.

INSPIRASI

Inspirasi akan selalu bernyanyi; kerana inspirasi tidak pernah menjelaskan.

POHON

Pohon adalah syair yang ditulis bumi pada langit. Kita tebang pohon itu dan menjadikannya kertas, dan di atasnya kita tulis kehampaan kita.

FALSAFAH HIDUP

Hidup adalah kegelapan jika tanpa hasrat dan keinginan. Dan semua hasrat -keinginan adalah buta, jika tidak disertai pengetahuan . Dan pengetahuan adalah hampa jika tidak diikuti pelajaran. Dan setiap pelajaran akan sia-sia jika tidak disertai cinta

KERJA

Bekerja dengan rasa cinta, bererti menyatukan diri dengan diri kalian sendiri,dengan diri orang lain dan kepada Tuhan.

Tapi bagaimanakah bekerja dengan rasa cinta itu ? Bagaikan menenun kain dengan benang yang ditarik dari jantungmu, seolah-olah kekasihmu yang akan memakainya kelak.

LAGU GEMBIRA

Alangkah mulianya hati yang sedih tetapi dapat menyanyikan lagu kegembiraan bersama hati-hati yang gembira.

ILMU DAN AGAMA

Ilmu dan agama itu selalu sepakat, tetapi ilmu dan iman selalu bertengkar.

NILAI BURUK

Alangkah buruknya nilai kasih sayang yang meletakkan batu di satu sisi bangunan dan menghancurkan dinding di sisi lainnya.

MENUAI CINTA

Manusia tidak dapat menuai cinta sampai dia merasakan perpisahan yang menyedihkan, dan yang mampu membuka fikirannya, merasakan kesabaran yang pahit dan kesulitan yang menyedihkan.

KEHIDUPAN

Sebab kehidupan tidak berjalan mundur, pun tidak tenggelam dimasa lampau.

KERJA

Kerja adalah wujud nyata cinta. Bila kita tidak dapat bekerja dengan kecintaan, tapi hanya dengan kebencian, lebih baik tinggalkan pekerjaan itu. Lalu, duduklah di gerbang rumah ibadat dan terimalah derma dari mereka yang bekerja dengan penuh suka cita.

SELAMATKAN AKU

Selamatkan aku dari dia yang tidak mengatakan kebenaran kecuali kalau kebenaran itu menyakiti; dan dari orang yang berperilaku baik tetapi berniat buruk; dan dari dia yang memperoleh nilai dirinya dengan mencela orang lain.

KEBEBASAN

Ada orang mengatakan padaku, “Jika engkau melihat ada hamba tertidur, jangan dibangunkan, barangkali ia sedang bermimpi akan kebebasan.”
Kujawab,”Jika engkau melihat ada hamba tertidur, bangunkan dia dan ajaklah berbicara tentang kebebasan.”

ORANG TERPUJI

Sungguh terpuji orang yang malu bila menerima pujian, dan tetap diam bila tertimpa fitnah.

BERJALAN SEIRINGAN

Aku akan berjalan bersama mereka yang berjalan. Kerana aku tidak akan berdiri diam sebagai penonton yang menyaksikan perarakan berlalu.

DOA

Doa adalah lagu hati yang membimbing ke arah singgahsana Tuhan meskipun ditingkah oleh suara ribuan orang yang sedang meratap.

PENYIKSAAN

Penyiksaan tidak membuat manusia tak bersalah jadi menderita: penindasan pun tak dapat menghancurkan manusia yang berada di pihak Kebenaran: Socrates tersenyum ketika disuruh minum racun, dan Stephen tersenyum ketika dihujani dengan lemparan batu. Yang benar-benar menyakitkan hati ialah kesedaran kita yang menentang penyiksaan dan penindasan itu, dan terasa pedih bila kita mengkhianatinya.

KATA-KATA

Kata-kata tidak mengenal waktu. Kamu harus mengucapkannya atau menuliskannya dengan menyedari akan keabadiannya.

BICARA WANITA

Bila dua orang wanita berbicara, mereka tidak mengatakan apa-apa; tetapi jika seorang saja yang berbicara, dia akan membuka semua tabir kehidupannya.

KESEDARAN

Aku tidak mengetahui kebenaran mutlak. Tetapi aku menyedari kebodohanku itu, dan di situlah terletak kehormatan dan pahalaku.

BANGSA

Manusia terbahagi dalam bangsa, negara dan segala perbatasan. Tanah airku adalah alam semesta. Aku warganegara dunia kemanusiaan.

PEMAHAMAN DIRI

Orang-orang berkata, jika ada yang dapat memahami dirinya sendiri, ia akan dapat memahami semua orang. Tapi aku berkata, jika ada yang mencintai orang lain, ia dapat mempelajari sesuatu tentang dirinya sendiri.

HATI LELAKI

Ramai wanita yang meminjam hati laki-laki; tapi sangat sedikit yang mampu memilikinya.

PENULIS

Kebanyakan penulis menampal fikiran-fikiran mereka yang tidak karuan dengan bahan tampalan daripada kamus.