Rabu, 04 Juli 2012

Psikologi Pendidikan Pada Pendidikan Anak Usia Dini

1.
Psikologi  pendidikan  adalah  cabang  ilmu  psikologi  yang  mempelajari
bagaimana  manusia  belajar  guna  mencapai  tujuan  pendidikan  nasional  yang
sesuai  dengan  standar  nasional  pendidikan  sehingga  terselenggara  proses
pendidikan  yang  interaktif,  inspiratif,  menyenangkan,  menantang,
memotivasi  peserta didik untuk  berpartisipasi  aktif, serta  memberikan ruang
yang cukup bagi prakarsa,  kreatifitas,  dan  kemandirian sesuai  dengan  bakat,
minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
2.
pendidikan anak  usia  dini ialah proses  pendidikan yang diselenggarakan  bagi
anak-anak  balita  guna  membentuk  mental,  akhlak,  dan  kepribadian,  serta
perilaku  yang  alangkah  baiknya  diselenggarakan  di  lingkungan  rumah
bersama  keluarga,  sehingga  tetap  memperhatikan  perkembangan  peserta
didik  secara  komprehensif,  walau  sangat  penting  juga  bagi  anak  untuk
bersosial dengan teman sebayanya.
3.
Psikologi  pendidikan  memiliki  peranan  yang  sangat  mendasar  dalam
penyelenggaraan  pendidikan,  khususnya  bagi  anak  usia  dini,  karena  dengan
psikologi  pendidikan,  kita  dapat  merencanakan  dan  mengambil  langkah-
langkah  yang tepat dalam menyelenggarakan pendidikan bagi anak-anak usia
dini.

Download semua isi makalah dibawah ini
DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar